Puluhan Pedagang Hearing Penataan Pasar Wisata Sibaronce Prigi  

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Puluhan pedagang pantai simbaronce, kawasan Pantai  Karanggongso Kota Wisata Prigi Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mendatangi kantor DPRD Kabupaten Trenggalek,  Rabu (3/10/2018).

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Trenggalek, Mugianto mengatakan rapat dengar pendapat tersebut terkait penertiban dan penataan pedagang di sekitar lokasi pantai itu.

“Pokok permasalahan ini pada penempatan dan penataan fasilitas umum (Fasum). Semestinya permasalahan Fasum tidak harus sampai di DPRD dan sebenarnya bisa diselesaikan di Desa atau Kecamatan setempat. Namun kami tetap menerima dan mengapresiasi para pedagang,”katanya.

Menurut pria yang juga Ketua Pratai Demokrat Trenggalek ini, permasalahan tersebut sudah ada kesepakatan. Kemudian kesepakatan tersebut dikembalikan pada kesepakatan awal, yakni dengan menata pedagang demi memaksimalkan eksotika wisata.

“Sebelumnya sudah ada surat perjanjian, dengan disepakati antara 29 pedagang yang ada di pantai simbaronce. Kesepakatan tersebut tetap mengacu mengedepankan eksotisme wisata agar lebih menarik untuk dikunjungi para wisatawan,” imbuhnya.

Ditambahkannya, solusi jangka pendeknya Pemda Trenggalek akan merancang program Fasum yang ada di pantai Simbaronce Watulimo.

“Secara teknis program ini akan di rancang oleh Disparbud Trenggalek, dengan tujuan akan menata demi kesejahteraan masyarakat serta penataan eksotisme wisata yang ada di pantai tersebut,” tambahnya.

Lebihlanjut, dia mengisyaratkan pertemuan itu merupakan bagian dari koordinasi antara pedagang dengan pihak pengelola wisata yakni Disparbud Trenggalek agar potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor itu tidak terganggu.

“Koordinasilah karena pariwisata masih yang terdepan diandalkan sebagai pendulang PAD Trenggalek,” pungkasnya. (ham)

WELAS ARSO