Netizen ILKP Deklarasikan Dukung Pemilu Damai Di Pasuruan

PASURUAN, KANALINDONESIA. COM:  Untuk menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas lingkungan di wilayah hukumnya, jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mempunyai cara unik dengan menggelar kegiatan “Cangkru’an Kamtibmas” dengan semua elemen masyarakat di Kabupaten Pasuruan. Setelah beberapa waktu lalu menggelar Cangkru’an Kamtibmas bersama elemen Mahasiswa dan BEM Universitas se-Kabupaten Pasuruan, kemudian bersama elemen FORKOPIMDA Plus Pasuruan.

Nah, Senin (9/10/2018) sore tadi Kapolres kembali menggelar Cangkru’an Kamtibmas dengan Komunitas Netizen dari Grup Facebook Info Lantas dan Kriminal Pasuruan (ILKP). Bertempat di Taman Dayu Golf Club dan Resort-Prigen, Cangkru’an Kamtibmas bersama Komunitas Facebook (ILKP), di ikuti kurang lebih sekitar 200 orang netizen dari 17 kecamatan (Korcam) yang masuk dalam wilayah hukum Polres Pasuruan, perwakilan Kodim 0819, seluruh Kapolsek dan PJU Polres Pasuruan. Diketahui, komunitas yang terbentuk berawal dari dunia maya tersebut, memiliki ratusan ribu anggota dan mempunyai jaringan Kordinator Kecamatan (Korcam) di seluruh kecamatan baik kota/kabupaten Pasuruan.

Digelar secara outdoor dan ala Garden Party, acara Cangkru’an Kamtibmas tersebut berjalan semarak dan sukses. Menurut AKBP Raydian Kokrosono, keindahan alam ini adalah Ciptaan Allah SWT.

“Saat ini kita berada di tengah-tengah alam yang indah. Saat kita berada ditengah alam, kita akan merasa damai. Alam indah karena keberagaman tumbuh-tumbuhan dan vegetasinya. Begitu pula Indonesia dengan beragam suku bangsa, agama dan golongan. Keberagaman itu yang membuat indah, kuat dan tidak pecah. Karena ada 4 Pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Untuk itu, acara ini kita beri hastag #Peaceofnature, #Pasuruanaman, #Indonesiadamai,” urai Kapolres dalam sambutannya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa kegiatan hari ini, digelar untuk menginisiasi dan juga untuk menggelorakan semangat rekan-rekan ILKP dalam mencegah hoax dan hate speech.

“Terimakasih kepada ILKP yang selama ini sudah ikut membantu mencegah Hoax secara maksimal. Mari kita bersama-sama lawan hoax demi Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk,” ajak Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0819 Pasuruan yang diwakili oleh Mayor Inf Rinanto, mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Pasuruan karena tidak henti-henti nya memiliki ide-ide kreatif, hingga terlaksananya Cangkru’an Kamtibmas di Taman Dayu ini. “Terimakasih juga telah dilaksanakannya Patroli 3 pilar dari TNI, Polri dan Satpol PP, ini juga merupakan pembelajaran, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar Mayor Inf Rinanto.

Acara kemudian dilanjutkan dengan, pembacaan deklarasi dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Komunitas Facebook ILKP Kabupaen Pasuruan: Kami dari komunitas Facebook ILKP Kab. Pasuruan berkomitmen:
1. Ikut berperan aktif mendukung program Polres Pasuruan, dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kab. Pasuruan
2. Dengan sepenuh hati mendukung dan mensukseskan terselenggaranya Pemilu 2019 di wilayah Kab. Pasuruan dengan aman dan damai
3. Menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, bersatu padu melawan faham radikalisme, ujaran kebencian, tindakan intoleransi, menolak berita Hoax, menjadi pelopor dan pengawal pembangunan, menjaga kerukunan dan persaudaraan di wilayah Kab.Pasuruan demi keutuhan bangsa dan negara.‎ (bet)