Dukung Produk Unggulan Desa, Ini Harapan Kades Bataal- Barat

SUMENEP,  KANALINDONESIA. COM: Pameran produk unggulan yang digelar oleh Kecamatan Ganding dalam rangka rapat konsultasi PKK, se Kabupaten Sumenep, mendapat apresiasi dari Bupati Sumenep Busyro Karim kamis 11/10. Ia menyebut di Kecamatan Ganding memiliki produk unggulan yang luar biasa.
Nur Fitriana Busyro, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep mengatakan, Kecamatan Ganding merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki kekayaan luar biasa.

Sementara itu, Kepala Desa Bataal Barat, R. Basyirotul Aini mengatakan, Acara Pameran tersebut akan berkesinambungan, sehingga dengan adanya acara ini, tampilan produk desa bisa ditunjukkan pada khalayak. Yang pastinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi desa dan pemberdayaan BUMDes.

Dengan berdayanya BUMDes, maka perekonomian masyarakat dipastikan akan mengalami peningkatan, baik dari segi peningkatan SDM, market yang proporsional, dan dipastikan nantinya akan mampu bersaing dengan produk dari daerah lain.

“Kami sangat mendukung pelestarian produk unggulan di desa desa yang ada di Ganding, tentu untuk pertumbuhan ekonomi Masyarakat”, katanya.

Tidak hanya itu saja menurut nyai Aini, Desa Bataal Barat memiliki Makanan Khas seperti yang perlu di lestarikan seperti hanya, Bidaran kaju apoh, kripik singkong, krupuk bawang, kripik sukun Dll.

“Kami punya komitmen untuk mengambang produk local ini, termasuk kami menekankan setiap toko atau swalayan agar menyediakan produk local asli “ tegas kades Bataal-Barat.

Diketahui bahwa Di Kecamatan Ganding memilik 100 lebih produk unggulan yang menyebar di 14 desa, tentu hal itu merupakan potensi pasar yang harus dikembangkan. (Ziad)