penutupan TMMD ke 111
penutupan TMMD ke 111

BIAK,KANALINDONESIA.COM : Kepala Staf Korem 173/PVB Kolonel Inf Sudaryanto, SE secara resmi menutup Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Kodim 1708/BN Tahun 2021. Penutupan TMMD 111 ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan berlangsung sederhana di Aula Makodim 1708/BN. Biak, Rabu (14/7/21).

Dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan Kasrem 173/PVB mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan wujud salah satu operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah.

“Selain itu, komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong terisolir, tertinggal dan daerah lainnya yang terkena dampak bencana,”katanya.

Kasrem 173/PVB menyebutkan selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-111 ini secara resmi dibuka pada 15 Juni 2021 yang lalu, para prajurit TNI, Polri, aparat pemda serta menyampaikan komponen masyarakat telah bekerja keras untuk menyelesaikan program TMMD Ke-111 ini.  TMMD yang diprogramkan dan telah dilaksanakan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik maupun non fisik serta memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

“Sejalan dengan tema TMMD kali ini TMMD wujud sinergi membangun negeri, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong royong untuk membangun daerah masing-masing sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita,”harapnya.

Ia menambahkan, teknologi serta tantangan bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya.

“Hal ini dapat dimulai dari tingkat kampung, kecamatan dan kabupaten kota. Kita sebagai anak bangsa harus mengambil bagian dalam masyarakat untuk membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu serta bekerja sama. Ingatlah, bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu dan bersinergi di segala bidang serta saling memperkuat mulai dari masyarakat ditingkat bawah,”ujarnya.

Selain itu, Kasrem berpesan dengan berakhirnya TMMD ke 111 ini diharapkan kepada anggota Satgas TMMD serta masyarakat agar tetap menjaga silaturahmi dan kebersamaan sekaligus kebersamaan antara TNI dengan rakyat sehingga potensi di daerah masing-masing dapat dikelola dan dikembangkan agar dapat memajukan daerah sehingga dapat bersaing dengan wilayah lain .

Selanjutnya Pangdam XVII/Cenderawasih dalam sambutannya juga menyampaikan “Saya sebagai pengendali kegiatan operasional (PKO) TMMD ke-111 menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak terutama kepada pemerintah daerah dan masyarakat atas dukungannya sehingga TMMD ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan” pintanya .

Acara penutupan TMMD 111 Kodim 1708/BN ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan hasil pekerjaan TMMD Ke 111 TA 2021 dari Dandim 1708/BN kepada Kepala DPMK Biak, penyerahan Overprestasi oleh Kasrem kepada para Mananwir dan penyerahan kunci rumah secara simbolis oleh Asisten 1 Biak kepada penerima Rumah TMMD 111 Biak.

Penutupan TMMD 111 Kodim 1708/BN dihadiri oleh Kasilog Rem 173/PVB, Dandim 1708/BN, Kapolres Biak, Bupati Biak Numfor yang diwakili Asisten 1, Wakil Ketua 3 DPRD Biak Numfor,Kepala DPMK dan Kepala Dinas terkait beserta Para Mananwir/Kepala Adat Biak.@Wn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here