Ratusan Personil TNI -Polri bersama Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Kali

TRENGGALEKSekitar 470 personil gabungan dari TNI/ Polri dan elemen masyarakat, di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, gotong royong bersihkan kali Desa Jajar Kecamatan Karangan.

Alasan yang mendasari membersihkan sungai itu agar nanti saat musim penghujan tiba tidak lagi terimbas banjir yang diakibatkan tersumbatnya aliran sungai dengan penumpukan sampah, baik rumah tangga maupun kerusakan alam.

Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochammad Nur Arifin mengatakan kegiatan “bersih-bersih kali bareng” bersama Dandim 0806 Trenggalek dan masyarakat ini dimaksudkan untuk wujud bakti TNI dan pemkab kepada masyarakat juga agar bisa menjadi pemicu semangat kebersamaan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini memang dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI, selain merupakan wujud dari bakti TNI serta pemerintah kepada masyarakat, juga memotivasi masyarakat untuk sadar menjaga lingkungannya,”ucapnya, Rabu, (17/10/2018) di Trenggalek.

Dikatakannya, kebersihan lingkungan merupakan cerminan dari pola hidup masyarakat, maka itu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat harus dimotori pemerintah.

“Jadi intinya pemerintah bersama TNI dan Polri hadir memberi teladan,”katanya.

Terbukti, masih lanjut Arifin, banyak elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan yang sudah berlangsung beberapa kali di pemerintahan Emil-Ipin.

“Selain anggota dari Kodim 0806 dan Polres Trenggalek beserta jajaran, ada juga masyarakat sekitar, adik-adik pramuka serta elemen lembaga swadaya masyarakat. Semua turun langsung dan ikut serta membersihkan saluran sungai dan pinggiran sungai, ”lanjutnya.

Diapaparkannya, Kabupaten Trenggalek baru saja mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Sehat dari Gubernur Jawa Timur beberapa waktu lalu, sehingga perlu ada dorongan agar bisa menjadi budaya di masyarakat.

“Kami selaku wakil dari bagian otoritas dari Negara yang ada diwilayah harus peduli dan berperan aktif guna mensukseskan semua program demi kemanfaatan bagi masyarakat banyak,” tandasnya.

Bersih-bersih kali bareng tersebut diharapkan bisa terus berlanjut dan menjadi kebiasaan masyarakat secara bersama yang berkelanjutan.

“Nanti program ini akan kita lanjutkan dengan program lain yang sejenis, di antaranya lomba kebersihan desa yang ada hadiah serta kompensasinya,” pungkasnya.(ham)