Pilkades Serentak 7 Desa di Jombang

Purwanto,  Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Jombang

KANALINDONESIA.COM : 7 desa di Kabupaten Jombang segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Hal itu menyusul telah habisnya masa jabatan Kepala Desa (kades) di masing-masing desa tersebut akhir Oktober 2016 ini.

Desa yang melakukan pilkades serentak itu yakni, Desa Kesamben, Kecamatan Kesamben, Desa Kedungotok, Kecamatan Tembelang, Desa Pacarpeluk dan Balongemek Kecamatan Megaluh, Desa Pelabuhan Kecamatan Plandaan, Desa Blimbing Kecamatan Gudo dan Desa Kauman kecamatan Ngoro.

Purwanto selaku Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Jombang menuturkan, pelaksanaan pilkades serentak rencananya akan digelar pada Desember mendatang. Namun demikian, persiapan sudah dilakukan mulai sekarang.

“Pematangan terus kita lakukan. Karena tujuh Kades itu akan habis masa jabatannya pada 27 Oktober 2016,” ungkapnya.(14/10/2016)

Baca:  Unras HMI di DPRD Bangkalan Berujung Bentrok Dengan Aparat

Masih menurut Purwanto, selama menunggu pelaksanaan pilkades, kekosongan jabatan Kades akan diisi Pelaksana tugas atau Plt. Pelaksana tugas tersebut diangkat dari pegawai Pemkab Jombang.

“Sesuai aturan, pengisian Plt diambilkan dari pejabat atau pegawai dari pemerintahan kabupaten. Tidak dari perangkat desa atau BPD,” katanya.

Kabag Pemerintahan Sugiyo menuturkan terkait dengan biaya pelaksanaan pilkades, dana pilkades diambilkan dari anggaran APBD kabupaten. Besarannya disesuaikan dengan jumlah penduduk di desa tersebut.

“Jika penduduknya 3 ribu jiwa, maka akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 15 juta,” pungkasnya.(elo)