Karang Taruna Sumberwudi Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa dan Tsunami Sulawesi

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Bencana alam Gempa dan Tsunami yang menimpa Donggala, Palu dan Sigi menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan bahkan kehilangan nyawa.

Sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian kepada sesama. Aksi solidaritas pun digelar, mulai dari turun ke jalan, membuat pagelaran musik dan banyak lagi cara untuk menggalang bantuan guna membantu para korban, tak terkecuali juga mengadakan do’a bersama.

Dari sekian kelompok masyarakat yang peduli terhadap korban dasyatnya gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi tersebut adalah Karang Taruna Putra Bengawan Desa Sumberwudi Karanggeneng, Lamongan.

Aksi Penggalangan bantuan tersebut berlangsung selama beberapa hari dengan cara mendatangi rumah-rumah warga Desa Sumberwudi.

“Kami bagi waktu pelaksanaanya karena Desa Sumberwudi terdiri dari tiga dusun,” kata M. Sultoni Kharis, Ketua Karangtaruna Putra Bengawan.

Walaupun di Desa Sumberwudi sendiri ada beberapa organisasi masyarakat yang juga menggalang bantuan, namun antusias warga dalam membantu korban bencana gempa dan tsunami ini masih tinggi. Ini terbukti dalam dukungannya kepada kegiatan yang dilakukan oleh Karangtaruna desa tersebut.

Lebih lanjut Sultoni Kharis mengatakan bahwa dari beberapa hari mengumpulkan bantuan, hasilnya diwujudkan dalam bentuk barang yakni beras, air mineral dan mie instan. Barang-barang tersebut kemudian disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Lamongan pada hari Senin (22/10/2018).

“Hasilnya kami salurkan melalui Dinas Sosial Lamongan agar bisa distribusikan ke lokasi bencana,” kata Sulton.

Sementara itu, Mugito, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lamongan memberikan apresiasi atas langkah tanggap ketika melihat adanya bencana yang dilakukan oleh para pemuda dengan menggalang bantuan dan dikirim untuk bisa meringankan beban penderitaan para korban.

“Saya salut dengan aksi solidaritas dari Karangtaruna Desa Sumberwudi ini, walaupun ini bukan satu-satunya organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan namun semoga bisa menginspirasi pada yang belum melakukan,” kata Mugito melalui pesan singkatnya.

Jurnalis: omdik/ferry/bisri

Editor: Arso