Pesona Satwa dalam Carnival On The River 2018

PASURUAN – Event tahunan karnaval unik yang diselenggarakan di sungai, Carnival On The River, kembali digelar oleh SMAN 1 Kejayan (SMANIKE) di Sungai Complong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (28/10/2018) pagi. Event yang digelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, telah memasuki tahun ke-9 pelaksanaannya. Kali ini tema Carnival On The River SMANIKE mengambil tema “Pesona Satwa Indonesia”.

Puluhan rakit bertemakan satwa-satwa yang berasal dari Indonesia, yang telah dibikin dan didesain oleh murid-murid SMANIKE tampak menyusuri Sungai Complong, disaksikan oleh ribuan masyarakat Pasuruan yang telah berjubel di pinggir sungai, menunggu even tahunan ini. “Unik dan menarik mas, ide-nya setiap tahun ganti-ganti. Jadi senang melihatnya, walau harus panas-panasan,” ujar Abd Azis (25) warga Kecamatan Winongan yang rela datang sejak pagi untuk menonton karnaval unik ini.

Menurut Edi Susanto, guru pembina SMANIKE yang mempunyai ide acara ini, mengatakan bahwa kreativitas dan desain rakit-rakit tersebut adalah murni dari ide murid-muridnya di masing-masing kelmpok. “Setiap tahun tema kami berbeda. Alhamdulillah siswa-siswi juga ikut senang dan mereka berkreativitas dengan semangat. Sesuai tema peringatan Hari Sumpah Pemuda,” ujar Edi Susanto. Lebih lanjut Edi berterimakasih kepada Pemkab Pasuruan, yang telah ikut andil dalam event tahunan yang digadang-gadang bisa menjadi event ikonik Kabupaten Pasuruan, untuk mendongkrak sektor Pariwisata tersebut.

Seperti diketahui, Carnival On The River ini merupakan ajang kreativitas murid-murid SMANIKE dalam ujian bidang kesenian. Setiap kelompok yang terdiri dari 10-15 murid, menuangkan ide dan kreasinya menggunakan bahan-bahan recycle, untuk membuat sebuah rakit yang didesain mengikuti tema yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Semakin tahun, event ini semakin marak dan mulai dilirik Pemkab Pasuruan untuk dijadikan ajang event pariwisata, dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. “Harapan kami, Pemkab Pasuruan bisa terus mensuport dengan penuh. Sehingga bisa menjadi event kebanggaan Kabupaten Pasuruan. Dan kedepannya bisa dikemas lebih semarak lagi dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh sekolah di Kabupaten Pasuruan,” harap Edi‎. (bet)