Wabup: Pemerintah Lamongan Terus Suport Pelaku UKM Guna Tingkatkan Taraf Hidup Dalam Perekonomi Masyarakat

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Saat ini Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur terus gencar melakukan kunjungan terhadap pelaku-pelaku UKM, guna mensuport agar bisa meningkatkan taraf hidup yang lebih layak didalam perekonomian keluarga terutama teruntuk masyarakat Lamongan.

Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP tak pernah lepas dari kegiatan mengunjungi masyarakatnya yang berprofesi sebagai pelaku UKM. Keseriusan dalam mensuport UKM ini dilihat dari semangat dan kerja keras pemerintah, terutama melalui Bupati Lamongan dalam membantu pelaku UKM demi menghidupkan Bumdes.

Dari Bumdes inilah yang kemudian pemerintah bisa menganggarkan untuk membantu kebutuhan para pelaku UKM, mulai peralatan hingga bahan baku terhadap UKM yang berkembang secara baik.

Dengan begitu, Wabub Kartika selaku perwakilan dari pemerintah, selalu memberikan suport dan semangat kepada seluruh UKM seperti salah satunya yakni UKM di Desa Patihan, Kecamatan Babat, Selasa (30/10/2018).

Pelaku usaha yang dikunjungi merupakan kelompok UKM Produk Sorgum. Diketahui sorgum sendiri masih jarang ditemui dibandingkan beras dan jagung.

Kandungan dalam sorgum terdapat banyak serat, vitamin dengan protein tinggi tanpa karbohidrat. Sehingga masyarakat Aman dan terhindar dari gemuk.

Nah, masyarakat Babat yang terdiri dari kumpulan perempuan-perempuan hebat inilah yang bekerja keras dengan berbagai upaya menciptakan produk makanan atau snack dari olahan sorgum.

Sorgum diolah menjadi beberapa produk makanan di diantaranya Beras Sorgum, Pop Gum (Pop Corn), Kembang Sorgum, Energum (minuman sireal), Nadle Gum (Mie Instan) dan Kue Pukis.

“Ini adalah perempuan-perempuan hebat yang sedang bagaimana cara menggiatkan UKM didaerah patihan babat. Sorgum diolah menjadi beberapa produk seperti beras sorgum, pop gum, kembang sogum, Energum minuman sereal, nadlegum mie instan dan kue pukis,” jelas
Wabub.

Jika diperhatikan, olahan berbahan dasar sorgum bisaa menjadi solusi atau jawaban untuk masyarakat yang takut akan gemuk.

Mengkonsumis produk sorgum akan terhindar dari karbohidrat yang bisa membuat gemuk seseorang.

“Produk sorgum sendiri menjadi fenomena karena dari kebanyakan orang takut gemuk mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat didalamnya, maka produk olahan sogum menjadi solusi dan jawaban untuk masyarakat yang takut gemuk,” tambahnya.

Melihat adanya perkembangan dalam penjualan pada UKM Produk Sorgum milik kelompok Desa Patihan Babat, pemerintah selalu mendorong dan mensuport agar semakin berkembang demi meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dengan begitu pemerintah berencana menganggarkan untuk para UKM yang berkembang baik, guna memberi bantuan berupa kebutuhan yang diperlukan oleh pelaku usaha.

“Tentu pemerintah akan suport agar pelaku UKM bisa maju untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Kartika.

Maka dari itu, pemerintah Lamongan tak henti-hentinya terus mendorong masyarakat untuk selalu berinovasi, kerja keras dan taat beribadah dalam menekuni dunia usaha.

Jurnalis : Ferry/ Omdik/ Bisri
Editor : Arso