Giatkan Literasi, Penulis di Lamongan Adakan Silaturahmi

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Sebanyak 40 penulis dari berbagai lintas keilmuan yang berasal dari Lamongan bertemu dalam acara Temu Penulis Lamongan 2 dan sekaligus Launching Program Forum Penulis dan Penggiat Literasi Lamongan (FP2L). Pertemuan tersebut berlangsung di Aula Cendikia Perpusda Lamongan, Rabu (31/10/2018).

Selain sebagai momen silaturahmi, acara tersebut juga menjadi sarana komunikasi antar penulis yang ada di Lamongan. Tidak hanya itu, menurut Alang Khoiruddin, Ketua umum FP2L, kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan rencana program FP2L di antaranya kegiatan diskusi bulanan, pelatihan menulis dan pendampingan terhadap penulis-penulis muda Lamongan serta penerbitan karya tulis dan pemberdayaan penulis.

“Diharapkan program yang dijalankan oleh FP2L dapat dimanfaatkan oleh para penulis yang ada di Lamongan. Sehingga ke depan diharapkan terbentuk tradisi membaca dan menulis di Lamongan,” kata Alang Khoruddin.

Hadir pada pertemuan tersebut para penulis dan Pegiat Literasi di Lamongan di antaranya Dr. Sutardi, Herry Lamongan, Pringgo Hr, Syarif Hidayatullah, S. Jai, Rodli Tl serta pemerhati sejarah, Supriyo.

Alang Khoiruddin yang menjadi Pembicara sekaligus moderator diskusi tersebut menambahkan dalam kegiatan tersebut juga berusaha menemukan kantong-kantong kesenian dan kantong-kantong komunitas diskusi yang ada di Lamongan untuk bisa bersama-sama mengembangkan, menghidupkan serta mentradisikan Literasi yang ada di Lamongan.

Sementara itu, Herry Lamongan salah satu sastrawan Lamongan yang nampak hadir mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para penulis untuk bisa bertukar pikiran dan saling memberi motivasi.

“Kita tidak berharap apakah tulisan kita laku atau tidak. Yang penting, kita menulis apa yang kita saksikan dan kita anggap bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Herry

Herry juga mengharapkan agar pemerintah memperhatikan pengembangan perpustakaan sebagai tempat menyimpan hasil-hasil karya para penulis di Lamongan untuk bisa dinikmati masyarakat luas.

Dalam kesempatan tersebut nampak penulis-penulis muda potensial diantaranya Sauqi Sumbawi, Saiful Anam, Zehaan Zaris, Ah. J Khuzaini.

Jurnalis : omdik/ferry/bisri
Editor : Arso