Petani Semangka Gagal Panen Karena Cuaca Buruk, Ratusan Hektar Tanaman Semangka Busuk

cuaca buruk, ratusan hektar tanaman semangka membusuk                                                    ( foto : Elo_KIcom)

KANALINDONESIA.COM :Cuaca yang buruk yang bru-baru ini terjadi di Jombang, membuat petani semangka gagal panen. Pasalnya, ratusan hektar tanaman yang sudah berbuah itu mati membusuk. Hal ini dikarenakan oleh tingginya curah hujan, sehingga lahan pertanian semangka banjir terendam air.

Fais (45), petani semangka asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Megaluh, Jombang. Mengeluh karena ratusan hektar tanaman semangkanya membusuk terendam air, akibat cuaca buruk.

“Hujan deras mengguyur lahan kami. Air melimpah sehingga, merendam batang serta buah semangka yang telah berumur sekitar dua bulan. Musim ini kami jelas gagal panen,” ungkapnya.

Baca:  Implementasikan Inpres No 6 Tahun 2020 Bupati Jombang Pimpin Apel Di Makodim 0814

Masih menurut Fais, para petani semangka yang gagal panen berencana mencabuti tanaman semangka mereka dan menggantinya dengan tanaman padi. Serta pihaknya berharap ada bantuan dari pemerintah.

“Kami berharap ada bantuan dari pemerintah bagi para petani buah semangka yang gagal panen. Perkiraan kami meleset. Kami mengira musim kemarau masih panjang. Ternyata musim hujan datang lebih awal,” pungkasnya.

Bukan hanya semangka, tanaman buah sejenis lainya di Jombang yang terpukul cuaca buruk adalah blewah, mentimun emas, golden dan melon.  Seluruh buah tersebut merupakan tanaman yang cocok untuk musim kering atau kemarau dan tidak terlalu membutuhkan banyak air.(elo)