Kekeringan di Nganjuk, Anggota Komisi X DPR RI Suryo Alam Droping Air Bersih

bantuan air bersih dari Suryo Alam saat dibagikan pada warga

KANALINDONESIA.COM,NGANJUK :Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur terus meluas. Jika kekeringan sebelumnya melanda tiga kecamatan di 6 desa, kini menjadi empat kecamatan di tujuh desa.

Dari data resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk sudah hampir 2 ribu kepala keluarga di 13 dusun terdampak kekeringan.

Tujuh desa yang dilanda kekeringan ini adalah Desa Ketawang dan Sumberjo di Kecamatan Gondang, Desa Pinggir dan Desa Lengkong Lor di Kecamatan Lengkong, Desa Tempuran dan Gampeng di Kecamatan Ngluyu, serta Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Ngetos.

Warga terdampak kekeringan kesulitan untuk mendapatkan air guna kebutuhan memasak, mandi, minum, dan mencuci pakaian. Warga hanya bergantung pada air kiriman dari BPBD Nganjuk.

Untuk mengatadi hal tersebut anggota komisi X DPRD RI H.M. Suryo Alam, Ak., MBA, memberikan bantuan air bersih pada Warga Dusun Nggurit, Desa Lengkong Lor, Nganjuk.

Warga tampak antre untuk mendapatkan air  bersih saat truk tangki yang mengangkut bantuan air bersih anggota Komisi X DPR H.M. Suryo Alam, Ak., MBA tiba di dusun tersebut.

Kemarau Panjang yang terjadi sejak bulan Agustus lalu membuat 167 Kepala Keluarga di Dusun tersebut kekurangan air bersih.  Menurut Kaur Kesra, Desa Lengkong Lor, Tamsir menyatakan kondisi kekeringan memang yang terparah terjadi di Dusun Nggurit.

Tamsir mengaku belum ada Anggota DPR RI yang datang ke daerah tersebut memberikan bantuan air bersih selain Suryo Alam.  “Terimakasih Bapak Suryo Alam, atas bantuan air bersih untuk warga Dusun Nggurit, “ kata Tamsir, pada sejumlah jurnalis, Sabtu (3/11/2018).

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sido Makmur Ismarsudi menyatakan warga harus memikul air dengan berjalan kaki hingga sejauh 1 KM untuk mendapatkan air bersih dari luar Dusun Nggurit. “Warga harus jalan jauh hanya untuk dapat air bersih mas,” terang Ismarsudi.

Dikonfirmasi secara terpisah, Anggota Komisi X DPR H.M. Suryo Alam, Ak., MBA berharap bantuan tersebut bisa membantu mengurangi kesulitan warga untuk memperoleh air bersih di Dusun Nggurit.

“Secara pribadi kita apresiasi pihak kepolisian, BPPD dan PDAM yang juga turut memberikan bantuan air bersih untuk warga,” terang Suryo Alam.

Suryo Alam juga berharap bisa berkoordinasi dengan berbagai pihak, agar bantuan yang disalurkan bisa lebih merata, karena seperti diketahui kekurangan air bersih juga terjadi di Tujuh desa yaitu Desa Ketawang dan Sumberjo di Kecamatan Gondang, Desa Pinggir dan Ngepung di Kecamatan Lengkong, Desa Tempuran dan Gampeng di Kecamatan Ngluyu, hingga Desa Oro-Oro Ombo di Kecamatan Ngetos.

Perlu diketahui selain di Dusun Nggurit, Desa Lengkong Lor, Nganjuk, Suryo Alam juga menyalurkan bantuan air bersih di Desa Ketawang dan Sumberjo, Kecamatan Gondang dan di Kecamatan Ngluyu, Nganjuk.(elo)