Dewan Trenggalek Dukung Dilaksanakannya Ops Zebra Semeru 

Imam Musirin anggota Komisi IV DPRD Kab Trenggalek 

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Imam Musirin, anggota DPRD Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang juga merupakan anggota komisi IV DPRD setempat, turut mendukung penuh dilakukannya operasi Zebra 2018 oleh Polres Trenggalek.

Ia menilai pelaksanaan Operasi ini sangat efektif dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Musirin pun menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi rambu – rambu lalu lintas serta melengkapi surat menyurat kendaraan dalam berkendara.

“Oprasi zebra ini harus di dukung oleh seluruh komponen masyarakat demi tertib berlalu lintas, agar lama lantas di wilayah Trenggalek ini dapat berkurang,”ujarnya, Minggu, (4/11/2018) di Trenggalek.

Kemudian, kepada dinas pendidikan pihaknya juga menghimbau untuk memberikan arahan kepada Guru dan wali murid untuk gencar memberikan edukasi pada para siswa dan anak – anaknya untuk mentaati rambu – rambu lalulintas , serta mengutamakan keselamatan berkendara dan tidak mengijinkan para siswanya yang tak memiliki SIM dan belum cukup umur.

Iapun menyarankan, untuk dapat diadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) khusus Tata Cara Berkendara Yang Baik dan Benar bagi para pelajar, sehingga pelajar dapat lebih paham dan meminimalisir terkait angka lakalantas bagi pelajar.

“Sukur lagi kalau sekolah dapat melaksanakan diklat berkendaaraan yang benar,”ujarnya.

Selanjutnya, menurut politisi asal PDI Perjuangan ini pihak sekolah harus aktif karena menyangkut nyawa serta keselamatan anak didiknya termasuk memberikan arahan dan himbauan dari guru sekolah di seluruh Trenggalek untuk tidak mengizinkan para siswanya yang dibawah umur untuk menggunakan kendaraan bermotor.

“Kita tak ingin mereka terjadi laka justru karena mereka belum diizinkan mengendarai kendaraan atau belum boleh ujian SIM,” tegasnya.

Musirin berharap dengan adanya operasi ini nantinya masyarakat bisa tertib berlalu lintas mulai dari kelengkapan surat-surat kendaraan hingga meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

“Daerah itu dikatakan maju jika semua warganya juga tertib termauk tertib berlalulintas,” pungkasnya. (ham)