Ini Pesan Dewan Trenggalek di Hari Pangan se Dunia

Bambang Sutopo, anggota Komisi IV DPRD Kab. Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38, Bambang Sutopo, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Trenggalek, mengatakan pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial. Untuk itu ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin.

“Namun untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis dan koordinasi dari semua pihak, baik jajaran pemerintah daerah, dunia usaha sekaligus stakeholder di bidang pangan,” ucapnya, Selasa, (5/11/2018) di Trenggalek.

 

Kemudian menurut politisi asal PDI Perjuangan ini, sektor pertanian pangan didominasi oleh kegiatan pertanian rakyat yang ciri khas sektor pertanian pangan itu harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan di bidang pangan.

“Karena kita hidup agraris di Trenggalek, maka semua kebijakan harus tertumpu dari pangan kita,” tandasnya.

Kuncinya, masih lanjut Bambang, harus lebih banyak menerapkan hasil riset dan informasi teknologi pertanian pangan kepada seluruh petani. Hasil riset itu diharapkan mampu menjawab tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini.

“Untuk itulah Pemkab Trenggalek harus terus mendorong program pembinaan yang dilakukan. Hal ini dilakukan dalam rangka pembangunan ketahanan pangan  kita yang semakin kuat. Kita menyadari dengan terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu gizinya sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan,” pungkasnya.(ham)