Pemkab Trenggalek Ikutkan Lomba Cipta Menu di Hari pangan Sedunia, Ini Pesan Wabup

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Hari Pangan Sedunia ke 38 tahun 2018, Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Trenggalek, Jawa Timur, ikutkan Lomba Cipta Menu 2018 yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim bersama TP PKK Prov. Jatim di ruang pertemuan Medina hotel Utami, Kabupaten Sidoarjo, Selasa, (5/11/2018).

Meski tidak memperoleh nominasi juara, namun momen ini setidaknya mengenalkan kreasi kuliner Trenggalek terkini yang selalu menanti kunjungan pelancong untuk menikmatinya sembari melihat keelokan wisata alam di Trenggalek.

Wakil Bupati Trenggalek, H Moch Nur Arifin mengatakan, setiap tahun selalu memperingati hari pangan sedunia dan ikut serta menyemarakkan karena hal itu menjadi sangat penting dilakukan, karena momen ini untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Trenggalek, dimana peran pertanian sekaligus pangan menjadi sangat strategis.

“Pangan nomor satu, maka itu di Trenggalek tetap menjadi prioritas selain pariwisata,”ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, setiap memperingati hari pangan sedunia, Pemprov. Jatim yang selalu mengadakan lomba cipta menu, Trenggalek selalu ikutkan timnya dengan harapan, dengan diselenggarakannya lomba tersebut memunculkan kreativitas dari ibu- ibu PKK dalam menciptakan menu atau asupan baru guna menunjang gizi keluarga.

“Sebab, ibu pegang peranan dalam urusan gizi atau pemenuhan asupan makanan bagi keluarganya. Jadi, kalau ibu bisa dan pintar serta piawai dalam mengolah aneka macam bahan menjadi menu makanan. Bisa dipastikan, kualitas SDM Jawa Timur akan jauh lebih baik dari sebelumnya,” tegasnya.

Masih menurut Arifin kegiatan ini dibutuhkan kreativitas, inovasi dan cita rasa yang tinggi. Lewat bahan dari jenis jagung, ubi, ketela ataupun talas diharapkan bisa berkreasi dan berinovasi dalam meramu menu yang dihasilkan.

“Pasti hasilnya sangat memuaskan dan bernilai gizi yang seimbang dan aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya.

Didik Susanto, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, berharap dengan diselenggarakannya lomba cipta menu tingkat Provinsi Jatim ini ada kejelian dari hasil penelitian terhadap keberagaman pangan lokal asal Trenggalek.

“Seperti Ubi kayu, ganyong,Uwi,Gembili dan Suweg potensi pangan lokal yang harus diketahui pasti kandungan protein, karbohidrat serta kandungan gizi yang lain,’ pungkasnya. (ham)