KPU Kabupaten Ngawi Perbolehkan Pemberian Uang kepada Pemilih

NGAWI, KANALINDONESIA.COM: KPU Kabupaten ngawi jawa timur memperbolehkan caleg atau parpol memberikan uang transport kepada pemilih pada pemilu 2019 mendatang, pemberian uang hanya dilakukan disaat kampanye, dengan besaran uang sesuai standar biaya umum daerah masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Prima Aequina komisioner KPU kabupaten ngawi divisi hukum, saat menghadiri acara bimbingan teknis aplikasi dan pelaporan dana kampanye penyusunan laporan sumbangan dana kampanye pemilu tahun 2019, yang digelar disalahsatu rumah makan di kota ngawi jawa timur.

Menurut Prima, dalam PKPU telah diatur tentang aturan kampanye, tentang bantuan transport, sepanjang uang itu diberikan kepada masyakarat atau pemilih, maka, itu telah diatur dan diperbolehkan.

Besaran uang transport yang diberikan kepada pemilih disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing dengan Standar Biaya Umum (SBU) tergantung daerahnya masing-masing dan nanti akan ditetapkan oleh keputusan KPU.

Sementara, untuk pemberian souvenir harus senilainya maksimal 60 ribu rupiah dan itu berlaku hanya saat kampanye pada tanggal 23 september 2018 hingga 3 hari sebelum pemungutan suara. (rizal)