Pemkab Ponorogo Terima Plakat Pahlawan Nasional HR Mohamad Mangoendiprojo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2018 diserahkan Plakat Pahlawan Nasional dan Duplikat Piagam pahlawan nasional HR Mohamad Mangoendiprodjo kepada Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Ponorogo yang diwakili Wabup Soedjarno  di Pringgitan atau rumah dinas bupati Ponorogo

Penyerahan pusaka nilai-nilai kepahlawanan yang dilaksanakan usai upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di halaman pendopo Kabupaten Ponorogo tersebut menambahi koleksi memorabilia pahlawan Kabupaten Ponorogo.

Ditemui sejumlah awak media usai acara, Profesor Indroyono Soesilo, yang merupakan cucu dari HR Mohamad Mangoendiprojo yang menyerahkan plakat dan memorabilia ini mengatakan, ia bersama keluarga besar HR Mohamad yang terdiri cucu dan cicit menyatakan sangat bangga dengan jasa kakek mereka. Sebab, dalam pertempuran dengan sekutu pada 10 November 1945 itu, HR Mohamad menjadi salah satu pimpinan perang yang bisa menunjukkan kekuatan TNI dan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

“Setelah mengusulkan kepahlawanan nasional sejak 2011 dengan berbagai upaya pengumpulan data, pada 2014 beliau diakui sebagai pahlawan nasional. Dan karena beliau pernah menjabat sebagai Bupati Ponorogo pada 1951 sampai 1954, maka kami merasa warga Ponorogo berhak memiliki warisan kepahlawanannya ini,” ungkap Indroyono.

Wabup Ponorogo Soedjarno mengatakan, pengakuan HR Mohamad yang pernah menjadi Bupati Ponorogo sebagai pahlawan nasional merupakan sebuah kebanggaan dan patut disyukuri.

“Kita bangga dan harus meneladani sikap beliau yang gigih mempertahankan kemerdekaan. Nilai kepahlawanan beliau yang pernah jadi pimpinan di Ponorogo ini harus dicontoh oleh semua warga Ponorogo ini,” ungkap Soedjarno.

Menurutnya, sebuah kehormatan bagi warga Ponorogo karena keluarga besar HR Mohamad bersedia menitipkan plakat kepahlawanan ini untuk disimpan di Ponorogo. Hal ini akan menjadi pengingat bagi seluruh warga Ponorogo bahwa dari Ponorogo juga ada orang-orang yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia.(KI-01)