Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Jayawijaya

JAYAWIJAYA, KANALINDONESIA.COM: Tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama dengan Kodim 1702/Jayawijaya melaksanakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (10/11/2018).

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan yang dimulai sejak tanggal 9 November 2018 ini diawali dengan melatih perangkat upacara yang diikuti oleh 200 orang anggota Pramuka pemuda pemudi Kabupaten Jayawijaya yang tegabung dalam Saka Wira Kartika.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran film Merah Putih Memanggil sebagai wujud pengabdian putra putri Indonesia kepada bangsa dan negara serta menanamkan jiwa dan semangat nasionalisme kepada para pemuda dan pemudi penerus bangsa.

Pada kesempatan tersebut, Pasiter Kodim 1702/Jayawijaya menyampaikan nilai-nilai perjuangan bangsa melalui pesan Ir. Soekarno yang berbunyi, “Perjuangkanku Lebih Mudah Karena Mengusir Penjajah sedangkan Perjuanganmu Lebih Sulit Karena Melawan Bangsamu Sendiri”.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan gerak jalan keliling Kota Wamena dilanjutkan dengan beragam perlombaan di halaman Pemda Jayawijaya, yang diikuti 300 orang peserta dari berbagai kalangan seperti pelajar, instansi pemerintah kabupaten, dan masyarakat dengan semangat mengikuti rangkaian acara perlombaan ini dengan penuh kebersamaan.

Pada puncak acara tanggal 10 November dilaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan dengan Irup Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R Banua bertempat di Halaman Pemda Jayawijaya yang diikuti 250 orang peserta upacara dari berbagai kalangan.

Selesai melaksanakan upacara dilanjutkan ziarah nasional dengan Irup Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, S.H. Kegiatan ziarah ini dilakukan sebagai wujud penghargaan jasa para Pahlawan atas perjuangannya membela bangsa dan negara serta guna membangun jiwa nasionalisme para pemuda sebagai pewaris semangat  pengorbanan para pahlawan dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara yang diikuti oleh perangkat Kabupaten, SKPK Kabupaten, anggota TNI-Polri, pelajar SMA, SMP serta Ormas pemuda wilayah Kabupaten Jayawijaya ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat.

Hadir pada acara tersebut, SKPK Kab Jayawijaya, Aparat kewilayahan  TNI-Polri, Para Ormas Wilayah dan pelajar SMP, SMA Kab Jayawijaya serta masyarakat setempat.