Lomba Posyandu Dan (PHBS), Penggerak PKK Pamekasan Prioritaskan Program Menekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM
Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pamekasan, Hj. Nayla Badrud Tamam, dikegitan Penilaian Lomba Posyandu Dan Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan di Desa Artodung, Sebagai Perwakilan Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menyatakan, adanya ajang perlombaan itu diharapkan bisa menekan Angka Kematian Ibu Melahirkan dan angka Stunting (kondisi gagal pertumbuhan pada anak) di bumi Gerbang Salam.

Hj. Nayla Badrud Tamam menegaskan, bahwa harapannya untuk mengurangi jumlah angka kematian ibu melahirkan dan stunting itu akan terus digencarkan sebagai salah satu program prioritas Penggerak PKK Pamekasa .

“Di momen ini kami berharap agar angka kematian ibu melahirkan semakin berkurang dan stunting di pamekasan penekanannya semakin rendah hingga sampai habis. Hal itu kami tekankan akan dijadikan sebagai salah satu program prioritas PKK Pamekasan yang telah kami gencarkan sebelumnya,” kata Ibu Hj. Nayla Badrud Tamam, dikegiatan penilaian lomba posyandu & PHBS di desa Artodung Kecamatan Galis Pamekasan.

Hj. Nayla Badrud Tamam juga menegaskan, bahwa dari 20 Puskesmas yang dikunjunginya, semua Posyandu peserta lomba tampak sangat semangat dan hebat-hebat semua untuk bisa meraih juara lomba.

“Kami harap semangat mereka tetap tinggi sehingga mampu menjadikan Kabupaten Pamekasan HEBAT,” Tegasnya Simple.

Kegiatan penilaian lomba tersebut dilaksanakan di Desa Artodung, karena desa tersebut merupakan satu-satunya desa dari sekian desa yang kini terpilih mewakili Kecamatan Galis. Para anggota Posyandu desa yang terpilih, merasa bangga dan bahagia.

“Sebagai Desa yang terpilih mewakili kecamatan, kami sangat bangga dan akan terus semangat menjadikan pamekasan hebat agar tahun berikutnya nanti bisa terpilih lagi,” Kata Haryati, Ibu Kepala Desa Artodung

Dikegiatan ini, posyandu Desa Artodung Kecamatan Galis Pamekasan menonjolkan hasil kegiatan yang sudah bisa dilihat oleh masyarakat sekitar. Yakni, Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang meliputi pemberian bubur kacang ijo, susu kotak, telur puyuh, biscuit, dll. Kegiatan JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik) Nyamuk, yang melibatkan satu rumah satu orang. Kegiatan

Dikegiatan Penilaian Lomba Posyandu dan PHBS untuk wilayah Kecamatan Pamekasan, itu, dilakukan oleh Tim Pengevaluasi Kabupaten Pamekasan. Tim penilai tersebut, terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Pamekasan, Dinas Kesehatan, BPPKB, Bapemas dan Pemdes Kabupaten setempat.(Nang/Ifa).