Grup Jaranan Polres Kediri Turut Serta Meriahkan HUT PASJAR ke-XI

Grup jaranan Polres Kediri beraksi nb diatas panggung ketika turut memeriahkan HUT PASJAR ke-XI menghibur tamu undangan dan ratusan penonton yang menyaksikan.

KANALINDONESIA.COM : Grup Jaranan Polres Kediri, Jawa Timur turut andil dalam memeriahkan perayaan HUT PASJAR ( Paguyuban Seni Jaranan) Kabupaten Kediri yang ke -XI, yang bertempat di Lapangan Gurah, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Sabtu (15/10/2016).

Atraksi tarian grup jaranan bentukan Polres Kediri tersebut cukup menjadi perhatian tersendiri bagi warga yang menyaksikan, pasalnya polisi yang pekerjaannya sebagai penegak hukum,  pelindung dan pengayom masyarakat tetapi masih mau bersedia untuk menghibur masyarakatnya.

Hal senada diungkapkan oleh ketua PASJAR Kabupaten Kediri,”saya salut, hormat dan terima kasih untuk kepolisian khususnya Polres Kediri. Meskipun tugas mereka sebagai aparat keamanan dan penegak hukum, namun sangat peduli dengan kesenian Jaranan, bahkan masih mau ikut melestarikan dengan cara mendirikan grup kesenian Jaranan sendiri, untuk menghibur masyarakatnya, ” ujar Bopo Hary Pratondo yang disambut tepuk tangan seluruh undangan dan penonton yang hadir.

Baca:  Foto Parade Ponorogo International Mask and Folklore Festival 2019

Sementara, Kapolres Kediri, AKBP Akhmad Yusep Gunawan, dalam sambutannya yang diwakili Kapolsek Gurah, AKP Eka Permana, mengatakan acara seni jaranan seperti ini harus didukung sepenuhnya. Karena di daerah lain, tidak ada kesenian jaranan. Kalaupun ada, biasanya pasti personil atau pembimbingnya berasal dari daerah asal kesenian, yaitu Kediri.

“Kalau Ponorogo mempunyai ikon Reog, maka Kediri juga harus memiliki ikon kesenian, yaitu Jaranan. Meskipun belum semua grup Jaranan bergabung dengan PASJAR, namun setidaknya acara seperti ini dapat menjadi inspirasi dan menggugah seluruh warga Kediri untuk terus melestarikan kebudayaan. Mari kita bawa kesenian jaranan ini bukan hanya di level lokal saja, tetapi juga nasional bahkan internasional,” kata mantan Kanit Lantas Polsek Beji, Polres Pasuruan.

Baca:  Nembak Burung, Ngenai Pelajar Kediri

Perwira yang pernah ditugaskan sebagai pasukan PBB untuk daerah penugasan di Afrika selama satu tahun dua bulan ini, juga menyampaikan himbauan kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu menciptakan Kamtibmas, khususnya pada saat ada pertunjukan kesenian seperti ini agar menjaga keamanan dan ketentraman bersama.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Kediri AKP M. Aldy Sulaeman yang turut hadir dalam perayaan HUT PASJAR mendampingi grup Jaranan Polres Kediri mengatakan terimakasih banyak kepada Ketua PASJAR yang telah mengundang serta memasukkan anggota jaranan Satreskrim Polres Kediri menjadi salah satu anggota jaranan yang masuk dari anggota kepolisian.

” Betapa sangat kuatnya apabila kita benar-benar kompak dan betapa majunya kesenian tradisional apabila kita bersatu,” Kata AKP Aldy.

Baca:  SMK NU 1 Kedungpring Lamongan Terapkan Pelatihan Pembuatan Batik Khas Kalen

Masih lanjut AKP M. Aldy Sulaeman juga mengucapkan, selamat hari ulang tahun yang ke-XI buat PASJAR,” Semoga kedepan PASJAR semakin mengakar dan menjadi salahsatu kesenian di indonesia yang dikenal sampai pelosok mancanegara mewakili kediri,” tukasnya. (BAM)