Polres Trenggalek Bantu Warga Bedah Rumah dan Solar Cell

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Kepolisian Resort Trenggalek, Jawa Timur bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat memberikan beberapa bantuan kepada warga di Kecamatan Pule. Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat bersamaan dengan peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah atau tahun 2018 Masehi.

Tak tanggung-tanggung, jajaran kepolisian ini membantu warga dengan membedah 15 rumah yang kurang layak, pembangunan stasiun radio komunitas milik Polri , perangkat Sel Surya (Solar Cell) dan proyek pembanguan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang kini dibutuhkan untuk kebutuhan listrik warga setempat.

Sedangkan dari 15 rumah yang dibedah dan diberi fasilitas solar cell, salah satunya milik Waginah , (60), warga RT 74 RW 20 Dusun Krajan Desa Jombok Kecamatan Pule yang kondisinya sangat kurang layak sebagai hunian.

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo menjelaskan, kegiatan yang dilakukannya selain dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, juga merupakan realisasi program Polri dengan memiliki indikator tertentu.

“Kita realisasikan program yang ada kepada rumah dengan kondisi masih berdinding bambu serta berlantai tanah,” ungkapnya, Selasa, (20/11) di Trenggalek.

Sedangkan perawatannya, AKBP Didit mengaku akan menyerahkan kepada pemerintah setempat agar bantuan tersebut bisa bertahan sehingga kemanfaatannya kepada masyarakat tetap terjaga.

“Perawatannya akan kita serahkan kepada pemerintah daerah termasuk pemerintah desa,”akunya.

Dia menerangkan, untuk bantuan kali ini, pihaknya kolaborasi dengan Baznas Trenggalek, dimana untuk bantuan fisik dari program bedah rumah sepenuhnya dilaksanakan pihak Baznas.

“Untuk Polres membantu penerangannya yang hal itu secara proporsional dibutuhkan warga,”terangnya.

Kapolres Didit berjanji, program bantuan kepada warga yang membutuhkan itu tidak berhenti sampai di sini saja. Namun pihaknya yang kini getol bermitra dengan pemerintah setempat akan selalu memberikan bantuan sesuai kebutuhan warga di Trenggalek.

“Tak hanya di sini, bantuan itu akan kita koordinasikan dengan pemerintah daerah dimana titik-titik yang membutuhkan bantuan,”tandasnya.

Sementara untuk Stasiun Radio komunitas, AKBP Didit berkeinginan menjadi jawaban kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai program kepolisian sekaligus program pembangunan pemerintah kabupaten.

“Benar, kita ingin informadsi yang diperlukan masyarakat baik dari Polri maupun dari pemkab juga bisa didapatkan dari stasiun radio ini,”tegasnya.

Sedang untuk PLTS yang kini dalam tahap pembangunan di Pule, dia berharap nantinya warga bisa memanfaatkan sumber energi listrik yang dihasilkan dari inovasi dengan memanfaatkan topografi ketinggan daerah ini.

“Daerah ini termasuk dataran tinggi sehingga energi surya bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan sistem engine hingga mengahasilkan listrik,”pungkas AKBP Didit. (dik/ham)