Masyarakat Bersama AGP Segera Bangun Masjid Nurul Hikmah

PELETAKAN: Dankogasgabpad Kolonel Inf H Farid Makruf didampingi Bupati KLU H Najmul Akhyar dan perwakilan Arta Graha Peduli melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid Nurul Hikmah di Desa Pemenang Kecamatan Pemenang, Senin (19/11/2018).

TANJUNG, KANALINDONESIA.COM: Gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu meluluhlantakkan semua bangunan yang ada, salah satunya adalah mesjid Nurul Hikmah yang letaknya di Desa Pemenang Kecamatan Pemenang. Karena kondisinya yang rusak berat Artha Graha Peduli (AGP) akan membangunnya kembali.

Bersama masyarakat, AGP juga Bupati KLU, Najmul Akhyar dan Komandan Satgas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Kolonel Inf Farid Makruf lakukan peletkakan batu pertama di mesjid Nurul Hikmah . Hal ini diharapkan sebagai upaya untuk memepercepat proses pemulihan masyarakat yang terdampak gempa.

“Kita rencananya mau bangun dua lantai, dan ini sudah ada rekomendasi dari PUPR untuk jenis bangunan tahan gempa,” ungkapanya, Senin (19/11/2018).

Pembina AGP, Asikin Husain menuturkan, pascagempa pihaknya langsung turun ke Lombok untuk melihat kondisinya. Sebelumnya, AGP datang untuk memberikan bantuan berupa sembako dan lainnya.

Namun, hingga ada keputusan untuk membangun mesjid ini. Pihaknya sudah ada rekomendasi dari pimpinan pusat AGP. Ia mengaku untuk proses pembangunan ini juga sudah melalui beberapa kali diskusi dengan tokoh masyarakat sekitar. Walaupun, sebelumnya ada yang menolak untuk dibangunkan 2 lantai. Karena khawatir akan gempa ini. Tapi dengan diberikan pemahaman juga ada rekomendasi dari PUPR akhirnya sepakat untuk dibangunkan 2 tingkat.

“Karena tidak mungkin kita membangunkan dengan 1 lantai saja, karena di daerah lain seperti Aceh juga rata-rata dua tingkat,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pembangunan masjid tersebut nantinya akan melibatkan masyarakat sekitar. Tujuannya agar pembangunan masjid bisa segera selesai. Hal itu mengingat masyarakat Pemenang sangat ingin segera memiliki masjid yang representatif.

Namun, disinggung kapan pembangunannya bisa selesai dibangun. Pihaknya belum bisa memastikan itu. Tetapi dirinya menginginkan, kalau bisa secepatnya mesjid ini bisa dibangun, supaya bisa cepat digunakan masyarakat.

“Kita upayakan segera selesai, karena ini masalah teknis saja nanti kami serahkan pada pak Farid,” sambungnya.

Diakuinya, pembangunan masjid Nurul Hikmah ini sudah berstandar tahan gempa. Desainnyapun sudah disetujui oleh Dinas PUPR, meskipun pihaknya sempat menunggu sedikit lebih lama.

“Karena itu proses pembangunannya lama karena memang tunggu rekomendasi dari PUPR dulu,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati KLU, H Najmul Akhyar mengapresiasi langkah yang dilakukan AGP ini. Keberadaan masjid tersebut, juga sudah lama dimimpikan masyarakat KLU, khususnya di Kecamatan Pemenang.

“Kami sangat berterimakasih, dan mesjid ini nantinya akan menjadi mesjid terbesar di Kecamatan Pemenang,” ujarnya.

Ia melanjutkan, hal ini merupakan salah satu proses percepatan pemulihan di KLU. Disamping itu juga pemerintah terus mendorong percepatan diberbagai sektor, tidak hanya disektor ke agamaan saja tetapi disektor ekonomi juga.

Pemulihan disektor agama dilakukan dengan memperbanyak perbaikan dan pembangunan tempat peribadatan. Terlebih lagi di KLU banyak tempat peribadatan yang rusak berat akibat gempa

“Dan ini adalah salah satu percepatan pemulihan di sektor agama,” pungkasnya. (Idam)