Kebijakan Publik Partai Keadilan Sejahtera Optimalkan Peran

Oleh : Subadianto Ketua DPD PKS  Kabupaten Trenggalek

Partai politik memang memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa dan negara. Kepercayaan ini harus kita rawat dengan baik. Partai politik harus mampu mengoptimalkan peran-peran strategisnya. Optimalisasi peran inilah yang kita harapkan, sehingga Partai Politik mampu kembali membangun kredibilitasnya di hati rakyat Indonesia. Dalam konteks inilah, PKS diharapkan bisa menjadi pelopor dalam mengoptimalkan peran itu.

Dalam UU Partai Politik, ada beberapa peran strategis partai yang harus kita jalankan dengan sungguh-sungguh.

Pertama, partai politik adalah sebuah sarana untuk melakukan pendidikan politik di masyarakat. PKS meyakini bahwa semakin cerdas rakyat Indonesia semakin mudah mereka menyampaikan dan mengawal aspirasinya sehingga kita bisa optimal memperjuangkannya aspirasi mereka.

Edukasi politik kepada masyarakat harus menjadi kerja-kerja nyata di tengah-tengah masyarakat. Semua pengurus dan keluarga besar PKS tidak boleh bosan bosan untuk turun ke lapangan menyapa dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Kedua, Partai harus menjadi tempat yang efektif dalam menampung dan mengolah aspirasi, pemikiran, gagasan yang berkembang di masyarakat. Bahwa masyakarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang sangat tahu berterimakasih dan tidak pernah melupakan budi baik orang lain. Dan saya menyaksikan langsung disini bahwa kabar itu memang benar adanya. Mari kita berikan khidmat terbaik kita kepada rakyat Indonesia, dan saya yakin rakyat Indonesia tidak akan melupakan budi baik PKS, InsyaAllah.

Ketiga, parpol harus menjadi wahana lahirnya calon calon pemimpin bangsa terbaik baik di level lokal maupun nasional. PKS sangat berkomitmen terkait kaderisasi kepemimpinan ini. Kita punya program Training Orientasi Partai (TOP) dan Sekolah Kepemimpinan Partai hingga empat level sebagai program unggulan peningkatan kapasitas kepemimpinan kader-kader PKS. Sebagai Partai Kader, PKS juga senantiasa aktif terlibat dalam proses terjadinya konsolidasi politik dan regenerasi kepemimpiman baik di tingkat lokal maupun nasional.

Keempat, parpol harus menjadi medium terciptanya iklim yang kondusif dan bisa menjadi perekat berbagai perbedaan dan keanekaragaman. Saat kemarin saya dan Pak Prabowo melaunching Kandidat Pilpres 2019, yakni Prabowo – Sandiaga Uno, saya titipkan pesan kepada kader dan masyarakat secara umum bahwa kita harus bisa hadirkan politik yang sejuk,damai dan tidak memicu semangat permusuhan. Apalagi zaman media sosial seperti sekarang, mudah sekali memantik sikap saling bermusuhan. Kita tunjukan bahwa meskipun kita berbeda pilihan politik, kita tetap bisa bekerjasama dalam memajukan bangsa.

Jika peran-peran parpol itu dijalankam dengan konsekuen dan konsisten, InsyAllah kita akan bisa membangun kredibilitas Partai di mata masyarakat. Dan kita harapkan bersama agar PKS mampu menjadi pelopor untuk memperjuangkan peran-peran tersebut.