Relawan Ayo Jo, Rangkul Emak-Emak Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Ponorogo

PONOROGO,  KANALINDONESIA. COM: Relawan Ayo Jo Wilayah Mataraman menggelar kampanye pemenangan calon Presiden & Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin di Desa Wilangan,  Kecamatan Sambit,  Ponorogo,  Jatim,  minggu(25/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut,  relawan Ayo Jo lebih mengedepakan kampanye edukatif kepada masyarakat, yaitu dengan menggelar Festival Kesehatan Gratis Penyuluhan Stunting dan Lomba Kesehatan.

“Kami tidak sekadar kampanye pemenangan Jokowi. Lebih dari itu ada muara edukasi kepada masyarakat. Utamanya tentang peningkatan derajat kesehatan,” Titis Mursito, koordinator relawan Ayo Jo wilayah Mataraman.

Sebagai narasumber,  Relawan Jo sengaja mendatangkan langsung dokter yang kompeten di bidangnya. Yakni Yohana Rosi dari Rumah Sakit Griya Waluya Ponorogo.

Titis-sapaan akrabnya menegaskan, dipilihnya stunting ini bukan tanpa alasan. Lantaran penyakit tumbuh layu yang menyerang bayi ini masih tinggi di Indonesia termasuk di Kabupaten Ponorogo.

‘’Kami sengaja memilih penyuluhan pencegahan penyakit stunting. Sebab penderita stunting di Indonesia masih sangat tinggi,’’ katanya.

Apalagi, penyakit stunting bisa dicegah dengan cara sejak ibu hamil usia kandungan dua bulan memakan makanan bergizi serta sering berkonsultasi ke bidan maupun rumah bersalin.

Ditegaskannya, pencegahan stunting dan peningkatan kesehatan ini termasuk dari program pemerintahan Presiden Jokowi. Yakni melalui instruksi presiden dengan menggelar gerakan kesehatan sejak 1 Januari 2018.

‘’Pak Jokowi berkomitmen warga Indonesia harus hidup layak dan sehat. Salah satunya terhindar dari penyakit stunting,’’ ujar Titis.

Kegiatan kampanye edukatif ini bukan kali ini saja digelar. Namun bakal terus dilakukan di berbagai wilayah agar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Titis berharap, penyuluhan kesehatan relawan Ayo Jo ini bisa mendukung program pemerintah supaya Indonesia bisa sejajar dengan negara maju. (KI-01)