Bawaslu Bangkalan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemberitaan dan Iklan Pemilu 

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemberitaan dan Iklan Pemilu di media massa serta pencegahan betita bohong “HOAX” di media sosial (medsos) .

Sosialisasi yang digelar di Hotel Ningrat Bangkalan tersebut Selain dihadiri Ketua DPRD Bangkalan, Kapolres Bangkalan, LSM, pimpinan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, para jurnalis dan Kapolsek Jajaran serta Pengawas Kecamatan (Pawascam) se – Kabupaten Bangkalan. Berjalan gayeng dan lancar.

Sosialisasi juga mengundang tiga nara sumber diantaranya Nur Eliyana dari Bawaslu Jatim, Imam Sofyan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UTM Bangkalan dan Iptu Fajar Utomo dari Cybercrimer Polda Jatim.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh mengatakan, penyelenggaraan pemilu sangat disayangkan jika direcoki dan diwarnai dengan hingar bingar serta maraknya pemberitaan-bohong atau “HOAX” di medsos yang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

“Berita HOAX akan merusak tatanan dan kredibilitas pelaksanaan pemilihan umum,” ucap Mustain Saleh Rabu, (28/22/2018).

Menurutnyw, media internet merupakan fasilitas positif yang memang ditujukan untuk mendatangkan kebaikan. Tetapi bila ldisalahgunakan bisa memberikan ancaman khususnya terhadap persatuan dan kesatuan di tengah – tengah masyarakat.

“Penting adanya pencegahan agar pemberitaan di medsos lebih banyak berisi hal – hal yang bermanfaat bagi mayarakat menjelang pelaksanaan pileg dan pemilihan umum 2019 nanti”, pungkasnya. (yans).