Tingkatkan Inovasi Desa, Pemkab Lombok Utara Gelar BDI

PEMBERIAN BANTUAN: Pemkab KLU memberikan bantuan pada desa inovasi dalam kegiatan Bursa Desa Inovasi (BDI) di lesehan Sasak Narmada, Tanjung, Kamis (29/11/2018).

TANJUNG, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) menggelar bursa desa inovasi (BDI). Bursa inovasi ini untuk mendukung laju percepatan pembangunan daerah melalui desa mandiri, dengan tujuan agar semua desa bisa saling bertukar informasi satu sama lain.

“Penukaran inovasi-inovasi ini dilakukan di desa-desa yang ada di kabupaten Lombok Utara, juga termasuk kita berikan contoh inovasi-inovasi apa yang akan dilakukan,” ungkapanya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP2KBPMD) KLU, H Kholidi Khalil, usai kegiatan Bursa Desa Inovatif, Kamis (29/11/2018).

H Kholidi menjelaskan, inovasi ini merupakan forum bagi desa di Lombok Utara dalam melakukan penukaran informasi antara satu desa dengan desa lainnya. Karena ini Dirinya berharap, dimasing-masing desa bisa memiliki ide. Ide itulah yang nanti akan dituangkan dalam suatu komitmen bersama. Pihkanya juga berharap di 2019 mendatang bisa dituangkan dalam APBDes masing-masing.

Langkah seperti inilah yang diharapkannya agar bisa tertular di Kabupaten Lombok Utara ini. Sehingga desa bisa melakukan kreasi-kreasi dalam pengelolaan pengelolaan.

“Terutama untuk dana desa yang akan dikucurkan,” sambungnya.

Ia melanjutkan, inovasi tersebut menyangkut semua persoalan. Baik itu masalah yang dialami desa itu, maupun tekhnis untuk menyelesaikannya.

“Seperti di luar kabupaten kita, ada inovasi pengelolaan air dengan sistem foil. Ada juga dari bupati yang mungkin menjadi atensi,” jelasnya.

Menurut Kholidi, ide-ide kreatif inilah yang diharapkan bisa menjadi masukan bagi desa, kemudian dituangkan ke dalam sebuah komitmen. Komitmen ini nanti dihimpun dan dikawal DP2KBPMD dalam rangka penyusunan APBDes 2019.

Inovasi ini akan disesuaikan dengan potensi apa yang dimiliki desa masing-masing. Nantinya akan ada di buku panduan tentang contoh yang bisa ditransformasikan di masing-masing desa.

“Tetapi intinya bursa inovasi ini ada gambaran yang lebih detail terhadap apa yang akan dilakukan di berbagai desa,” tukasnya.

Sementara untuk dukungan dari pemerintah berupa pembiayaan dari dana desa. Pada 2019 nanti kenaikan dana yang cukup besar, yakni 30,16 persen. Namun kebaikan ini hanya murni untuk infrastruktur saja.

“Sehingga kita berharap dengan adanya perkembangan ide inovasi yang ada bisa dikembangkan lebih lanjut,” harapnya.

Sementara itu, Asisten I Setda KLU Nanang Matalata mengatakan, semua desa sudah memiliki kemampuan masing-masing. Sinkronisasi terhadap itu pun sering dilakukan, terutama dalam penggunaan Dana Desa.

“Dan pada saat penyusunan APBDes nya itu harus kita pressure dia,” ujarnya.

Ia mengatakan, semua kebutuhan desa ini tinggal disampaikan saja pada saat pengusulan. Menurutnya, apa yang Pemkab lakukan saat ini tidak cukup dengan kewenangan desa saja, karena sesuai dengan azas yang ada.

“Dalam hal ini tidak semua desa, hanya yang terprogram saja, yang sesuai dengan kewenangan kabupaten,” jelasnya.

Sedangkan untuk penekanan ada di ADD, DD dan bagi hasilnya. Semua itu peruntukannya hampir diarahkan semua untuk pembangunan desa. Termasuk juga dengan kegiatan inovasi tersebut.

“Inovasi ini sebenarnya sudah ada didesa, cuman belum ada wadah bursanya,” tandasnya.

Ia menambahkan, bursa ini merupaka pertukaran informasi adanya inovasi-inovasi. Setiap desa memiliki inovasi yang bisa dicontohkan pada desa lainnya. Saat ini ada berbagai usaha kelompok yang berjalan. Dengan bursa ini nanti bisa dibangunkan badan usaha milik daerah (BUMD) sebagai wadah untuk menampung hasil produksi masyarakat.

“Seperti BUMDesMart itu harus ada dia karena memang kita belum ada wadah untuk itu,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan BDI tersebut Pemkab KLU menyerahkan sejumlah bantuan untuk Posyantek di beberapa kecamatan di KLU. Di antaranya, bantuan mesin VCO, mesin pengering biji kakao, mesin las listrik, dan mesin sablon digital.(Idam)