Pemkab Trenggalek Meriahkan Hari Disabilitas

TRENGGALEK, KANALINDONESIACOM: Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur meriahkan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Alun-alun Trenggalek, Minggu pagi (2/12).

Dengan mengambil tema AYO INKLUSIF wujudkan indonesia inklusi dan ramah disabilitas, beberapa acara digelar diantaranya jalan sehat, gebyar disabilitas, penyerahan sarana prasarana khusus pada penyandang disabilitas dan juga lomba- lomba yang meningkatkan kreativitas anak penyandang disabilitas.

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak,M.Sc mengatakan bahwa kegiatan seperti ini menunjukkan bukan hanya pembangunan saja yang inklusif tetapi juga masyarakatnya yang inklusif, semuanya sama-sama saling menghargai.

“Bahwa kita semua mempunyai kemampuan tapi kemampuan kita khusus, kemampuan kita spesial, kemampuan kita istimewa dan keistimewaan inilah yang akan membuat hidup kita lebih berarti bagi sesama,” Jelasnya.

Bupati Emil menerangkan, pihaknya berjanji akan membenahi fasilitas umum yang ramah kepada penyandang disabilitas.

“Oleh karena itu kedepannya kita akan membenahi beberapa hal yang masih kurang seperti kemarin jalan trotoar yang dibangun belum ramah bagi penyandang disabilitas karena penunjuk jalanya yang ada di beberapa titik masih menabrak pohon nantinya akan di perbaiki, saya minta maaf jika masih banyak kekurangan,” ungkap Emil.

Selain itu, Emil Dardak berjanji akan memfokuskan pendidikan inklusif yang beberapa lokasi sudah dibangun fasilitasnya dengan baik seperti di Kampak dan Durenan.

“Tahun depan kita akan memulai pendidikan inklusif jadi setiap sekolah harus bisa memberi dukungan kepada peserta didik dengan kebutuhan khusus, saya sudah berdialog dengan Kepala Disparpora Kabupaten Trenggalek untuk memberikan perhatian lebih kepada guru yang mempunyai kemampuan mendidik siswa berkebutuhan khusus,”imbuhnya.

Pemkab Trenggalek diakui Emil Dardak, mempunyai program 55 usaha ekonomi produktif yang perlu didukung oleh seluruh masyarakat Trenggalek.

” Saya minta agar penyandang disabilitas di Trenggalek di data yang memiliki usaha ekonomi produktif nanti kita akan kenalkan dan sukseskan, kalau ada catering atupun kaos yang di produksi dari teman -teman penyandang disabilitas mari kita beli dan memesannya, saya yakin untuk kualitasnya juga tidak kalah dengan yang lain,” pungkasnya.(ham)