Pelatihan Kewirausahaan Digelar Guna Tumbuhkan Kemandirian Ekonomi

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Berbagai pelatihan kewirausahaan digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker)Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Hal ini diinginkan agar menumbuhkan kemandirian ekonomi bagi warga terutama di usia angkatan kerja.

Dari informasi yang dihimpun, berbagai macam bentuk pelatihan dibuka secara gratis pihak dinas tersebut seperti bidang salon, pelatihan tata rias wajah, rambut dan sebagainya. Kemudian pelatihan jahit menjahit pakaian, pelatihan pertukangan kayu serta perbengkelan baik engine maupun perkakas.

Pelatihan itu diikuti 200 peserta yang rata-rata masih memasuki angkatan kerja serta cukup dengan hanya berbekal identitas diri dari daerah setempat berlangsung di Balai Diklat milik pemerintah daerah, Selasa, (4/12).

Heri Susanto, staff Bidang Pelatihan Kerja di Dinas Perinaker Kabupaten Trenggalek, mengatakan dipilihnya peserta dengan kategori usia kerja itu agar jumlah penggangguran di Trenggalek semakin berkurang.

“Kita memang memilih peserta di usia 20-35 tahun dimana pada usia tersebut smasih usia produktif dalam bekerja,”ungkapnya.

Sedangkan tujuan yang lain, masih menurut Heri, membekali masyarakat sekaligus menampung potensi warga sehingga berdaya secara ekonomi.

“Kita sebagai abdi negara bertugas memberdayakan sekaligus mengakomodir bakat serta potensi warga untuk kreatif di bidang yang digelutinya,”tuturnya.

Berikut masalah kemudahan yang diberikan pihaknya, Heri mengungkapkan berbagai kemudahan warga untuk mengembangkan bidang yang sedang dijadikan usahanya selama ini.

“Hanya berbekal KTP setempat, seseorang boleh mendaftakan diri termasuk konsultasi usaha yang digelutinya selama ini,”ungkapnya.

Heri berjanji akan mengedepankan pemberdayaan kepada para pemohon di pelatihan tersebut agar benar-benar bermanfaat bagi warga di kegiatan kewirausahaan ini.

“Harapan kami ini akan menjadi bekal mereka untuk melangsungkan hidup menuju kelayakan hidup keluarganya dari hasil usahanya tersebut,”pungkasnya. (dik/ham)

welas arso
WELAS RASO