Tim Pemberantasan Pungli, Sidak di Bangil

KANALINDONESIA.COM : Tim pemberantasan pungli Polres Pasuruan menggelar sidak Selasa (18/10/2016) pagi tadi. 

Sasarannya, sejumlah sarana pelayanan publik di lingkungan Polres Pasuruan, yang rentan dengan adanya pungutan liar oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Sidak yang digelar sekitar pukul 10.00 itu, dipimpin langsung oleh Wakapolres Pasuruan, Kompol Bagus Ikhwan Christian didampingi oleh Kasatlantas AKP Evon Fitrianto dan Kasie Propam serta Kasiewas serta sejumlah petugas Provost. 

Sejumlah layanan publik di lingkungan Polres Pasuruan disisir oleh petugas gabungan. Mulai dari layanan pengurusan SIM, layanan tilang, cek fisik, BPKB serta tak luput pula, Samsat Polres Pasuruan. 

Menurut Bagus Ikhwan, kegiatan sidak itu merupakan tindak lanjut dari seruan presiden atas peniadaan pungli dalam pelayanan kepada masyarakat. 

Pihaknya melakukan kegiatan sidak tersebut dengan melibatkan tim satgas pemberantasan pungli Polres Pasuruan, yang baru dibentuk sepekan terakhir. 

“Sebelumnya, sebenarnya sudah dilakukan sidak. Dan ini merupakan kali kedua, setelah satgas tersebut dibentuk sepekan yang lalu,” ungkap Bagus Ikhwan saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut. 

Kegiatan sidak yang digelar kemarin, ditujukan di tempat-tempat yang memang berkaitan langsung dengan masyarakat. Seperti pengurusan SIM ataupun Samsat. 

“Kenapa di sini (SIM ataupun Samsat, red), karena merupakan tempat pelayanan publik yang kerap menjadi sorotan,” sambungnya.

Dari kegiatan itu, pihaknya mengakui tak menemukan adanya tindak pungli yang dilakukan oleh oknum anggota. Namun, pihaknya meyakinkan, jika kegiatan tersebut, akan terus dilakukan secara intensif. 

“Yang jelas bukan hanya sekali ini saja akan kami lakukan. Karena, kegiatan serupa akan dilanjutkan. Kalau memang ditemukan pelanggaran, ya jelas ada sanksinya,” pungkasnya. (bet)

Baca:  Bareng BRI, Divif 2 Kostrad Bangun RTLH