PANGDAM V Brahwijaya Tutup TMMD ke-97 di Kabupaten Pacitan

KANALINDONESIA.COM : Panglima Kodam V Brahwijaya Mayjen TNI  I Made Sukadana, secara resmi telah menutup TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 97 tahun 2016 di pacitan Jawa Timur,pada Rabu ( 19/10/2016) ini.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V Brahwijaya kol.Arh.Sinthu Bas Ignatios,mengatakan, upacara Penutupan TMMD Reguler, ke-97 Tahun 2016 yang telah dilaksanakan di wilayah Kodim 0801 /Korem 081/Dhirotsaha Jaya telah berakhir dengan hasil baik. Program TMMD merupakan salah satu upaya alternatif percepatan pembangunan di daerah dalam rangka mengejar ketertinggalan pembangunan di daerah tersebut, sehingga dapat sejajar dengan daerah lainnya. Di samping itu juga sekaligus dapat memberikan arti dan manfaat yang besar sebagai sarana perekat bangsa, baik bagi prajurit TNI dan warga masyarakat setempat maupun pemerintah daerah,” katanya.

Baca:  Willem Tegaskan Masyarakat Bisa Kelola Langsung Dana Rp 50 Juta

Ditambahkanya, program TMMD dapat kita rasakan manfaatnya langsung dan tumbuhnya semangat kebersamaan serta kekeluargaan yang harmonis, di antara prajurit TNI dan instansi pemerintah dengan warga masyarakat di sekitar lokasi kegiatan TMMD,” ujarnya.

Lebih lanjut, program TMMD ini adanya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi, akan semakin memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta tumbuh kokohnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa, karena TNI menyadari dengan sepenuh hati, bahwa jati dirinya adalah sebagai tentara rakyat, yang selalu peduli atas kesulitan yang dihadapi rakyatnya serta senantiasa berjuang dan bersama dengan rakyat untuk membangun negara ini. Kemanunggalan TNI dengan Rakyat ini merupakan program TMMD dan telah terbukti mampu mengatasi berbagai permasalahan bangsa dan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan nasional di daerah. Pangdam berharap dengan dilaksanakannya kegiatan TMMD ini, tentunya akan dapat merasakan langsung hasil dan manfaatnya, khususnya prasarana umum,seperti ” rabat jalan sepanjang 16000 meter di Desa Kemuning,pembuatan talut, pembuatanplat beton,renovasi rumah ( RTLH) sebanyak 5 unit, renovasi mushola sebanyak 2 unit,pos kamling, pembangunan taman sendang Pangsar Sudirman, gapura batas desa Kemuning. Hal ini berkat adanya program kegiatan TMMD ini,” itu yang di sampaikan Pangdam saat sambutan penutupan TMMD di alun-alun Pacitan.

Baca:  Jalan Pacitan-Ponorogo Masih Sistem Buka Tutup

Tak hanya itu, Kapendam menambahkan ” program selain fisik juga non fisik, seperti “sosialisasi wawasan kebangsaan,kesejahteraan rakyat dan keamanan serta ketetraman masyarakat ” Pangdam juga merasa bangga dan salut menyaksikan masyarakat bersama TNI/Polri dengan penuh kesadaran dan antusias yang tinggi telah mendukung seluruh program dan kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Pacitan ini,” pungkas Pangdam melalui Kapendam.(Bc)