Cegah Pungli, Tim Propam Periksa Isi Dompet Anggota Satlantas saat Razia Kendaraan

Ilustrasi

KANALINDONESIA.COM : Operasi pemeriksaan alat serta kelengkapan pengendara kendaraan roda dua yang digelar sejumlah anggota Satlantas Polres Jombang di Jl Alun-alun ada yang tak seperti biasanya . Hal ini dikarenakan kedatangan tim dari divisi profesi dan pengamanan (Propam).

Tim Propam itu memeriksa dugaan adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum korps berseragam cokelat saat razia kendaraan tersebut. Selain itu juga untuk memastikan apakah razia kendaraan itu legal atau tidak. Propam menilai, operasi kendaraan merupakan salah satu lahan yang rentan terjadinya pungli yang dilakukan oknum.

Awalnya, tim provos ini memantau jalannya operasi kendaraan dari kejauhan. Selanjutnya, mereka mendatangi lokasi operasi yang berada di Jl Alun-alun Jombang. Tim Propam kemudian melakukan pemeriksaan secara detail.

Baca:  Dinilai Tidak Becus Bekerja, Kepala BPBD KLU Diminta Mundur

Kasi Propam Polres Jombang Ipda Heru Widodo menuturkan, pemeriksaan surat ijin mengemudi, surat anggota dan juga isi dompet dari anggota Satlantas. Hal itu untuk memastikan apakah operasi yang dilakukan oleh Satlantas Polres Jombang sudah sesuai standart operasional (SOP) atau belum.

“Surat tugas, papan nama, hingga perwira yang mendampingi juga kita periksa, termasuk apakah ada anggota provos yang ikut dalam kegiatan tersebut. Ini sebagai upaya pencegahan dan pengamanan agar anggota Polres Jombang terbebas dari pungli,” ujar

Dari hasil operasi yang dilakukan tim Propam, petugas tidak menemukan kejanggalan. Propam juga tidak menemukan adanya indikasi pungli dalam operasi kendaraan tersebut.(elo)