Polres Bangkalan Gelar Apel Siaga Bencana Alam

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Polres Bangkalan gelar Apel Siaga Bencana Alam dalam bentuk pelatihan dan simulasi tehnis cara penanggulangan bencana alam yang terjadi saat memasuki musim penghujan.

Apel siaga bencana alam yang diilaksanakan dihalaman Mako Polres Bangkalan itu dipimpin langsung Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Paludin Tambunan, Kamis, (13/12/2018).

Diikuti masing – masing 1 peleton dari TNI, Polri, Sat.Pol.PP Bangkalan, Dishub, Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Danerah (BPBD) Bangkalan. Berjalan lancar dan sukses meski diwarnai hujan rintik – rintik.

Kapolres Bangkalan dalam sambutanya mengatan pelatihan penanggulangan bencana alam bersama sangat perlu dilakukan. Agar tercipta sinergitas antara pihak – pihak terkait.

“Pelatihan penanggulangan siaga bencana alam ini sangat dibutuhkan. Agar terbentuk sinergitas dan koordinasi matang dalam menghadap bencana banjir serta longsor yang sewaktu-waktu terjadi saat musim hujan seperti sekarang ini,” terang mantan Kasubdit III Jantras Polda Jatim tersebut.

Lebih lanjut Kapolres Bangkalan menambahkan, bahwa pihaknya telah memetakan wilayah Kabupaten Bangkalan yang rawan banjir dan perlu diwaspadai adalah Kecamatan Blega dan Kecamatan Arosbaya. Sedangkan daerah rawan longsor diantaranya Kecamatan Konang, Galis, Tanjung Bumi dan Kokop.

Sementara itu, Kepala BPBD Bangkalan Rizal Moris mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan semua prasarana dan sarana untuuk menghadapi bencana alam banjir maupun longsor. Seperti tenda dapur umum, tenda keluarga, tenda pengungsi.Termasuk perahu karet untuk mengangkut warga didaerah yang tergenang banjir.

Acara dinjutkan dengan simulasi penyelamatan warga dengan menggunakan perahu karet. Disaksikan Kapolres Bangkalan, Dandim 0829 Bangkalan dan pegabat lainya. (yans)