Polres Jombang Launching Aplikasi Smart, Minimalisir Pungli

kapolres jombang bersama jajaran pimpinan daerah

KANALINDONESIA.COM : Keseriusan Polres Jombang untuk memberantas praktik pungutan liar (pungli), nampaknya bukan hanya dibibir saja.

Pihak kepolisian Jombang, melaunching aplikasi berbasis android yang diberi nama SMART. Dalam aplikasi itu terdapat konten terkait program Satlantas Polres Jombang. Aplikasi tersebut berisi informasi tilang, informasi kecelakaan lalu lintas, informasi BPKB, perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) online, serta ruang menyampaikan  saran dan kritik terhadap kinerja polisi.

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto menuturkan, dengan aplikasi tersebut pihaknya berharap proses birokrasi saat pengurusan perpanjangan SIM dapat dipangkas. Dengan begitu, kemungkinan adanya pungli dapat diminalisir. Karena salah satu peluang terjadinya pungli adalah panjangnya birokrasi.

Baca:  Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Pesisir Selatan Sumbar

“Nah, dengan aplikasi ini kami ingin memangkas birokrasi. Karena perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, birokrasi tidak lagi panjang. Dengan aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengakomodir kebutuhan layanan lalulintas,” ungkapnya.(20/10/2016)

Masih menurut Kapolres, selain dengan aplikasi android, upaya menangkal pungli juga dilakukan dengan membuka aduan umum. Teknisnya, masyarakat bisa melaporkan ke Kapolres jika mengetahui praktik pungli yang dilakukan oknum polisi.

“Selain peluncuran aplikasi SMART, juga melaunching klub sepakbola Bhayangkara FC. Klub ini untuk mewadahi anggota Polres yang memiliki bakat di sepakbola,” pungkasnya.(elo)