FTIK USM Semarang Gelar Festival Komuniko 

SEMARANG, KANALINDONESIA.COM: Universitas Semarang jurusan Fakultas Teknik Ilmu Komunikasi (FTIK) menggelar acara bertajuk Festival Komukino  ke 7 tahun yang diselenggarakan di Hutan Wisata Tinjomoyo, Minggu (16/12/2018).

Joko Purnomo selaku panitia mengatakan dipilihnya hutan wisata tinjomoyo sebagai tempat penyelenggaraan sekaligus untuk mengenalkan wisata alam yang ada di Kota Semarang kepada masyarakat luas.

“Dipadukan dengan inovasi kuliner dari 35 Kabupaten / Kota di Jawa Tengah yang dikemas dalam 6 eks karisidenan dan sentuhan kreasi kuliner karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM,” ujarnya.

Menurutnya tema Jateng Remen dipih dengan maksud untuk lebih mendekatkan budaya Jawa Tengah ke generasi muda dengan kemasan lebih moderen dan menyenangkan.

” Ada beberapa rangkaian acara seru sayang dilewatkan seperti festival batik, festival jamu, kampung dolanan dan fotografi. Tak lupa juga menampilkan spesial dari pohon bicara, DJ musik oleh Eleven Lounge dan Edot Arisna,” tuturnya.

Yang menjadi pembeda tahun ini, lanjutnya, adalah diadakanya Komunika Award sebagai apresiasi kepada penggiat budaya Jawa Tengah atas peran aktifnya melestarikan kebudayaan dengan cara yang unik.

Lebih lanjut Joko menyatakan telah terpilih 3 komunitas penggerak budaya sebagai nominasi Komunika Award diantaranya Wayang beber tani, komunitas penggagas ide pelestarian wayang beber asal Wonogiri, rumah aksara wilis bersaudara yang sering berkeliling di desa – desa di Jawa Tengah untuk mengajarkan membuat wayang rotan kepada anak – anak disana.

“Dengan diadakan Komuniko Award para penggiat dan penggerak budaya lebih semangat menularkan energi positifnya untuk terus konsisten beperan aktif dalam pelestarian budaya,”pungkasnya. (NDI)