Dandim 0803 Madiun: Main Narkoba Pecat

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto mengingatkan agar para prajurit dilingkungan Kodim 0803 tidak mencoba-coba atau main-main dengan narkoba. Jika prajurit TNI terlibat narkoba, hukuman berat menanti dari proses hukum, dipenjara hingga dipecat.

“Saya pasti memecat prajurit, jika terbukti memakai dan terlibat dalam peredaran narkotika dan obat obatan terlarang. ,” ujarnya usai Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Makodim 0803 Madiun, Selasa (18/12).

Sanksi pelanggaran terhadap narkotika bagi prajurit TNI tergolong berat, tambahnya, mulai penjara harus dipecat dengan tidak hormat.

Maka itu, bagi seluruh prajurit harus berhitung untung ruginya berani main-main dengan narkoba.
Dalam kegiatan itu juga melibatkan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Madiun, tidak hanya diisi sosialisasi saja. Usai kegiatan, ratusan prajurit Kodim 0803 Madiun, secara acak harus antri menjalani tes urine dengan diawasi Polisi Militer (PM) setempat.

Baca:  Pilkada Serentak 2020 KPUD Jatim Pakai Hitung Elektornik

“Tadi dalam pengarahan, saya juga ingatkan dengan serius, agar para prajurit jangan sekali pun mencoba bermain-main dengan narkoba. Sekali mencoba, pasti terjerumus, akibat lain harus ditanggung pribadi serta bisa berdaya bagi keluarga,” tandas Letkol Czi Nur Alam Sucipto lagi.

Menurutnya pelaksanaan tes urine dilakukan merupakan upaya terhadap program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dilingkungan TNI.

“Tes urine dilakukan secara acak, hasilnya tidak ada prajurit terindikasi narkoba,” jelasnya. (ab)