Pemkab Trenggalek Launching Gerakan Gemar Baca

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak berikan buku kepada PJ Sekda , pariyo dalam Launching gerakan gemar baca buku

TRENGGALEK, KANALINDONESIA. COM: Program Gerakan Trenggalek Membaca resmi dilaunching Pemkab Trenggalek, Jawa Timur, melalui Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora), Rabu (19/12).

“Gerakan Trenggalek Membaca ini dicanangkan mengingat rendahnya minat baca masyarakat di tengah perkembangan informasi dan teknologi dunia yang kian pesat,” ucap Kusprigianto Kepala Disdikpora Kabupaten Trenggalek.

Kusprigianto memaparkan, di zaman modern ini masyarakat lebih memilih asyik dengan gadgetnya dibandingkan membaca. Padahal dengan membaca, bisa memperkaya referensi, wawasan dan informasi sehingga dapat meningkatkan kualitas kecerdasan.

“Dengan dicanangkanya Trenggalek gemar membaca ini, maka Pemerintah Kabupaten Trenggalek menjadi bagian penting dari gerakan Indonesia membaca, gerakan aksi untuk memasifkan budaya membaca di kalangan masyarakat kita,” ungkapnya.

Kusprigianto berharap bahwa, membaca, menulis, berfikir, menerima informasi secara benar, kritis, aktif menyampaikan format informasi yang benar dan menguasai tekhnologi informasi itu sangat berguna untuk memajukan diri secara positif. Berpartisipasi aktif secara cerdas ditengah masyarakat itulah yang kita harapkan dari gerakan ini.

“Apalagi generasi muda saat ini juga tidak mengenal permainan tradisional yang kita kenal dahulu bahwa bisa menjaga kesehatan. Selain itu juga untuk menjaga interaksi sesama, bukannya permainan game elektronik yang membuat kita acuh dengan yang lain karena fokus dengan handphonenya,” pungkasnya. (ndik/ham)