Uji Kelayakan, Bawaslu dan KPU Pamekasan Injak-injak Kotak Suara Pemilu 2019 Dari Kardus.

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM: Sejumlah kotak surat suara Pemilu 2019 terbuat dari karton yang telah didistribusikan Pemerintah ke Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, jumat 22 desember 2018, dilakukan uji coba kekuatannya oleh Badan Pengawas Pemilu Kabupaten setempat.

Proses uji coba kelayakan kekuatan kotak suara pemilu 2019 yang terbuat dari kardus tersebut, di pimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum, (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan (Abdullah Saidi).

Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi, di uji coba kelayakan kotak suara dari kardus itu mencoba kekuatan bahan dengan cara menginjak-nginjak dan menduduki logistik Pemilu yang akan digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang tersebut.

Menurutnya, kotak karton tersebut tidak jauh berbeda dengan kotak surat suara dari aluminium yang digunakan pada pemilu sebelumnya.

“Kotak kardus ini cukup kuat menahan beban, saya coba duduki diatasnya tidak mengalami kerusakan,” kata Abdullah Saidi. Ketua Bawaslu Kabupaten Pamekasan, sabtu (22/12).

Dirinya menegaskan, bahwa keamanan kotak karton tersebut dipastikan sangat aman karena tampilan depannya transparan. Tidak hanya itu, kotak suara dari karton tersebut sangat kuat dan mampu menahan beban berat.

“Untuk memastikan apakah kotak kardus itu layak atau tidak, kami tidak hanya duduk. Tapi juga sempat mencoba berdiri di atas kota kardus pemilu guna memastikan kuat atau tidak, ternyata kuat menahan beban,” tegasnya.

Ia berharap, adanya kotak suara yang terbuat dari kardus itu tidak lagi dipersiapkan oleh hambatan masyarakat Kabupaten Pamekasan. Hal itu dikarenakan, keamanan dan kekuatannya sudah teruji. (IFA/Nang)