Kunjungi Pertinas SBH V Menkes Akan Jadikan Gema Prakmantik Sebagai Program Nasional

Menteri kesehatan RI Nilla Djuwita F. Moeloek

KANALINDONESIA.COM : Menteri kesehatan RI Nilla Djuwita F. Moeloek mengunjungi perkemahan bakti nasional saka bakti husada V, di bumi perkemahan Serut, Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jumat (21/10/2016) siang.

Dalam kunjunganya Menkes didampingi bupati Blitar Rijanto mengunjungi tenda perkemahan para peserta Pertinas Saka Bakti Husada V.

Nilla Djuwita F. Moeloek pada kesempatan itu mengatakan Pertinas saka bakti husada V memiliki kontribusi penting dalam menyebarkan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Utamanya dengan adanya gebrakan Gema Pramatik (Gerakan Bersama Pramuka Pemantau Jentik) yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Menurutnya program itu merupakan ide yang sangat bagus. Karena meskipun sederhana dan murah namun bisa mendatangkan manfaat besar untuk masyarakat. Sehingga diharapkan kedepannya mampu memutus mata rantai penyakit akibat gigitan nyamuk.

Baca:  4.312 Personel Gabungan Disiagakan Berjaga Selama PSBB di Surabaya Raya, Sidoarjo dan Gresik

Ia juga menyatakan jika tidak menutup kemungkinan program itu akan dicanangkan sebagai program nasional dan akan segera disosialisasikan.

“Pertinas Saka Bakti Husada itu kan getakan pramuka dibidang kesehatan, jadi bisa saja kita akan mengambil salah satu programnua yang cukup bagus, ” jelasnya.

Kemenkes sendiri saat ini memang masih konsen dengan pemberantasan jentik nyamuk. Dan menjadi salah satu program Kemensos. Karena sejauh ini masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Sekarang masih banyak yang kurang peduli dengan kebersihan lingkungan, sehingga Gema Pramantik ini merupakan hal yang sangat bagus ,” imbuhnya.

Sementara Bupati Blitar Rijanto mengungkapkan Pramuka tidak hanya sekedar menjalankan tugas pokoknya, yakni menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia dalam membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Baca:  Gadis Belia Asyik Konsumsi Sabu- Sabu, Dicokok Aparat

Namun juga tanggap terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dimana salah satu wujud dari hal itu adalah dengan Gema Pramatik.

Dengan program tersebut diharapkan pramuka mendukung dalam pembasmi sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M plus serta siap melakukan pemeriksaan jentik di lingkungan masing-masing.

“Ini merupakan program yang murah dan mudah sehingga kita optimis dengan hal ini nantinya akan tercapai target Kabupaten bebas jentik, ” kata Rijanto.(mell)