Baznas Trenggalek Bantu Pedagang Gerobak dan Modal Usaha

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, memberikan bantuan gerobak kepada 25 pedagang serta tambahan modal sekitar Rp 2,5 juta, termasuk di dalamnya ada pedagang penyandang disabilitas.

Bantuan itu disaksikan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dan Wakil Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin di Pendopo Manggala Paraja Nugraha, Rabu (26/12).

Sebelumnya, dalam kurun setahun pada tahun 2018 ini, Baznas Trenggalek telah menyalurkan bantuan berupa bedah rumah, bantuan fakir miskin bulanan serta program lainnya hingga menyerap anggaran sekitar Rp 3,1 miliar.

Mahsun Ismail Ketua Baznas Kabupaten Trenggalek mengatakan, tahun 2018 ini nilai zakat yang terkumpul di Baznas sekitar Rp 3,5 miliar termasuk dana tahun kemarin. Dari jumlah tersebut sudah terserap untuk didistribusikan dengan sisa saldo dana sekitar Rp 400 juta. Dan untuk tahun depan, program yang sudah berjalan bagus akan tetap dipertahankan.

“Untuk program bedah rumah, bantuan fakir miskin bulanan, kemudian bantuan BPJS, bantuan untuk anak sekolah dan dana bos yang tidak tercover, itu semua tetap dilanjutkan dan dimaksimalkan,” ucapnya.

Mantan Wabup ini melanjutkan, bantuan mesjid dan musala akan tetap dilayani. Hanya saja memang karena dulu keuangan naik turun, kadang ada yang cepat bisa terlayani ada juga yang harus menunggu.

“Tentang permasalahan yang telah ditangani Baznas selama dua tahun ini adalah orang yang tidak mampu. Namun problemnya rata-rata mereka tidak tahu bagaimana caranya mengajukan bantuan,” tuturnya.

Dikatakannya, meski ada bantuan dari pemerintah kadang ada yang tidak memenuhi persyaratan pengajuan bantuan. Misalnya persyaratan harus ada sertifikat tanah, KK dan secara administrasi harus lengkap, bahkan ada juga yang masih menumpang di rumah saudaranya.

“Dari problem itu, Basnaz tidak melihat kelengkapan terkait administrasinya. Yang terpenting yang bersangkutan merupakan warga Trenggalek, serta ada masyarakat dan perangkat yang menjamin itu semua. Maka Baznas akan langsung membantu,”pungkasnya. (ham)

WELAS ARSO