Amankan Pilkades dan Pemilu Serentak, Trenggalek Gelar Apel Sinergitas

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Jelang Pemilu serentak 2019 dan Pemilu Kepala Desa (Pilkades) serentak, kepolisian bersama TNI dan Pemkab Trenggalek menggelar apel sinergitas dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang aman dan damai. Hujan deras pun tak menjadi penghalang, kegiatan yang semula dipusatkan di Alun-alun Trenggalek tersebut dialihkan ke Pendopo Manggala Praja Nugraha. Rabu (26/12)

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. bersama Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos., dan Bupati Dr. Emil Elistianto Dardak, M.S.c. ini turut dihadiri para Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran, Forkopimda, Kakan Kesbangpol, Koordinator Pos SAR, dan Ketua KPU, serta Ketua Bawaslu. Sedangkan di barisan peserta Apel, nampak ratusan personel gabungan dari Babinsa dan BKTM se-kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya Bupati Emil menuturkan, kondisi Kamtibas yang kondusif merupakan tolok ukur kesuksesan bagi terlaksananya pemilihan umum. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh jajaran TNI/Polri dimana pelaksanaan Pilgub 2018 yang lalu berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu, AKBP Didit dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapannya bersama jajaran dalam memberikan jaminan keamanan dalam pelaksanaan pesta demokrasi nanti.

“Di sini kita harus saling support agar masyarakat dapat melaksanakan Pemilu dengan lancar,”ucapnya, Rabu, (26/12).

Lebih lanjut AKBP Didit menuturkan, Babinsa dan BKTM yang merupakan bagian dari 3 pilar memiliki peran penting dalam menjaga situasi Kamtibmas kondusif dengan melaksanakan koordinasi secara berkesinambungan sebagai upaya menanggulangi isu-isu negatif yang dapat memecah belah masyarakat.

“Unsur ini kuat, kamtibmas aman dan terkendali,”tandasnya.

Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik mengatakan agar seluruh komponen merapatkan barisan bersinergi dengan potensi masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketentraman.

“Mudah-mudahan kita semakin solid dan kompak dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah kita ini,”tegasnya.

Kesolidan TNI/Polri dan unsur pemerintah semakin nampak saat makan bersama yang digelar usai apel. Seluruh peserta melaksanakan makan bersama di area pendopo. Tak terkecuali Kapolres, Dandim maupun Bupati serta pejabat utama lainnya dengan menu makanan yang sama seperti lainnya yakni nasi kotak lengkap dengan ayam goreng didalamnya.

Suasana keakaban pun semakin terbangun dengan duduk bersila, membaur satu sama lain seolah tanpa sekat. Personel TNI/Polri inipun terlihat gayeng berbincang satu sama lain sembari menikmati nasi kotak.

Dengan sinergitas tersebut diharapkan kondisi Kamtibmas di kabupaten Trenggalek, sebelum, pada saat hingga selsai Pemilu 2019 tetap dalam keadaan aman dan kondusif.(ham)

WELAS ARSO