Kunjungan Kerja Pansus III DPRD Kabupaten Magelang Ke DPRD Kabupaten Pacitan

 

KANALINDONESIA.COM : Kunjungan Kerja Pansus 3  DPRD Kabupaten Magelang ke DPRD Kabupaten Pacitan, bertujuan untuk study Komparasi dalam rangka pembahasan RAPBD TA.2016 tentang pembangunan infrastriktur, Pekerjaan umum, Perhubungan, Adminitrasi Pembangunan dan PAD pariwisata ( khususnya ), yang dihadiri dari 15 Anggota dan di sambut oleh Samsuri komisi IV di ruang sidang DPRD Kabupaten Pacitan, Jumat  ( 21/10/2016)

Dalam penyampaiannya, Suharno, wakil ketua DPRD Kabupaten Magelang ” kedatangan kami ke DPRD Pacitan ini untuk study Komparasi terkait pembangunan infrastruktur jalan, Perhubungan,adminitrasi pembangunan. Tetapi kami mefukuskan pada PAD pariwasata pacitan. Hal itu guna untuk bahan pembahasan di rapat Raperda 2016 ini, Memang kalau untuk sektor PAD nya pariwisata pacitan masih belum seperti Kabupaten Magelang, wilayah kami ada 52 sektor wisata dan salah satunya paling kami andalkan yakni ” candi Borobudur,” sampainya.

Baca:  12 Rayon Kodim 0801 Pacitan Adakan Kegiatan Pendampingan dan Pendataan Korban Bencana Banjir

Lebih lanjut, untuk PAD Pariwisatanya di Magelang sebesar Rp. 25 miliar pertahunnya sedangkan APBD 2016 diKabupaten Magelang berkisar Rp. 2,500 Triliun. Sebenarnya Kabupaten Pacitan sangat potensi dengan beberapa pantainya serta goa nya. Seperti goa gong dan pantai klayar sangat di kenal di wilayah kabupaten Magelang.,” lanjut suharno saat usai sidang.

Diakui Suharno, kunjungan kerja kami DPRD di Magelang ke pacitan ini tujuannya melakukan study Komparasi untuk membahas perubahan RAPBD 2016 maka itu kami membentuk pansus 3, agar RAPBD 2016 bisa lebih baik. Selain itu tujuan kita memilih study Komparasi dengan DPRD Kabupaten Pacitan ini agar kita bisa menjalin silahturohmi antar Dewan agar bisa saling mengisi kekurangan pada pembangunan di wilayah Kabupaten kita masing-masing,” pungkasnya.

Baca:  Kabakamla RI Terima Kunjungan Ketua Umum DPP INSA

Sementara,Samsuri, wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pacitan, menyampaikan ” kedatangan DPRD Kabupaten Magelang ke DPRD Kabupaten Pacitan ini adalah melakukan kunjungan kerja Study Komparasi untuk pembahasan perubahan RPBD 2016 dan maka dibentuklah pansus 3 untuk membahas bidang pembangunan infrastuktur, yang didalamnya yakni ” infrastruktur pembangunan irigasi, pos bencana alam,Pekerjaan Umum,perhubungan, adminitrasi pembangunan dan PAD hotel dan restoran begitu juga di sektor Pariwisatanya, ” ulas Samsuri.

Samsuri mengakui, kalau di Kabupaten Magelang memang agak terlambat di akhir 2016 ini, masih pembahasan perubahan RAPBD 2016, kalau untuk DPRD Kabupaten Pacitan sudah kita bahas di bulan agustus 2016 yang lalu dan saat ini DPRD Pacitan sudah mulai pembahasan RAPBD induk TA.2017 saat ini sudah masuk hari kedua dan akan di tetapkan pada bulan November 2016 nanti,” akunya.

Baca:  Di Pasca Pandemi Covid-19, Komisi III DPRD Pacitan Dongkrak UMKM Bangkit Lagi

Kemudian terkait anggaran APBD Pacitan dengan APBD Kabupaten Magelang memang sangat jauh sekali,kalau anggaran APBD 2016 dikabupaten magelang mencapai Rp 2,500 Triliun sedangkan diKabupaten Pacitan baru mencapai Rp 1,700 Triliun. Lantas untuk PAD nya Pacitan di 2016 ini sekitar Rp 135 Miliar, diKabupaten Magelang berkisar Rp 325 Miliar. Jadi perbedaannya sangat signifikan di banding Kabupaten Pacitan,” ungkapnya.

Disisi lain, Kabupaten Magelang banyak pendapatannya PAD di sektor pajak PBB,pajak hotel dan restoran serta wisata. Yang lebih lagi di Kabupaten Magelang mempunyai ikon wisata Candi Borobudur yang sangat dikenal di seluruh dunia, jadi tak heran kalau PAD nya lebih besar di bandingkan Kabupaten Pacitan,” tegas Samsuri.(Bc)