Jalan Gubeng yang Ambles Mulai Diaspal, Besok Siap Diuji Coba

KANALINDONESIA.COM, Surabaya Jalan raya Gubeng yang ambles beberapa waktu lalu kini mulai diaspal. Sayangnya jadwal pengaspalan yang direncanakan pada Selasa (25/12/2018) malam batal dilaksanakan. Ini lantaran terkendala adanya hujan yang turun secara tiba-tiba.

“Sebenarnya kemarin semalam (Selasa, 25/12) tapi hujan, kita tunggu pengeringan. Tadi pagi pukul 05.00 WIB baru bisa dimulai pengaspalan,” kata Walikota Surabaya, Tri Rismahari saat meninjau di lokasi Jalan Gubeng, Rabu (26/12/2018).

Namun demikian, Risma menyebut proses pemulihan yang ambles kini memasuki tahap akhir pemulihan dan direncanakan akan diuji coba untuk dua lajur pada Kamis (27/12/2018) besok.

“Saya minta besok dilakukan uji coba untuk dua lajur. Kalau besok uji coba lancar, maka langsung bisa dipakai,” ujarnya.

Menurut Risma, uji coba sudah bisa dilaksanakan sebab hasil tes dari tim ITS, dua lajur sisi timur dinyatakan sudah memenuhi syarat dan bisa dilakukan uji coba untuk dilewati kendaraan. Sedangkan untuk dua lajur di sisi barat baru akan dilakukan pengaspalan pada Rabu sore ini.

Baca:  Taruna Latsitadarnus XXXIX Dilepas dengan Suguhan Turonggo Yakso

“Dua lajur sisi barat belum memenuhi syarat, karena airnya masih ada. Makanya butuh waktu untuk pengeringan. Rencananya tim dari ITS akan melakukan tes lagi besok (Kamis, 27/12),” imbuhnya.

Mengenai uji coba yang hanya dua lajur, Risma mengatakan karena sisi barat belum dipasang “steel sheet pile” (SSP) atau dinding vertikal dari besi yang berfungsi untuk menahan tanah dan menahan masuknya air ke alam lubang galian.

“Rencananya nanti malam SSP dipasang. Kemarin mau dipasang SSP dengan memakai alat dari pemkot, namun karena kerasnya pemadatan tanah, alat dari pemkot tidak bisa dipakai. Jadi, nanti dari kontraktor PT NKE (Nusa Konstruksi Enjiniring) akan menyiapkan alat atau bornya,” pungkasnya.

Baca:  Tekan Pelanggaran, Pomau Surabaya Gelar Gaktib

Seperti diberitakan, setelah tiga hari pengurukan, pengerjaan perbaikan atau recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles kini nyaris rampung. Saat pengerjaannya baik di sisi utara maupun selatan hanya tinggal tahap pemadatan tanah dan pemasangan besi pengaman atau SSP (Steel Seet Pile) agar nantinya, jalan yang ambles itu tidak longsor dan kuat untuk dilalui kendaraan lagi.

Setelah itu besoknya atau lusa akan dilakukan pemasangan kerikil untuk penguat pondasi jalan. Sebab Jalan Raya Gubeng merupakan jalan Nasional, sehingga pondasinya harus benar-benar kuat, karena dilalui berbagai jenis kendaraan.

Namun untuk sisi sebelah barat yang terkena longsor harus diperkuat dengan beton cor. Sebab, khawatir, kalau hanya dipasang besi pengaman tanpa beton cor, tanah bisa sleding dan menyebabkan kembali longsor.

Baca:  Jombang Gelar Doa Bersama Sambut 1 Muharram 1442 H

Pengerjaan recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles, bisa rampung dalam kurun waktu tujuh hari. Sebab, saat ini tengah memasuki libur natal dan tahun baru. Untuk itu Pemkot Surabaya akan melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Timur (Polda Jatim), untuk perizinan tonase truk.

Pada pengerjaan perbaikan atau recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles itu telah menghabiskan pasir batu (sirtu) sebanyak 20 ribu meter kubik atau 1000 dump truk sirtu, per truk berisi 20 kubik bahkan pengerjaan itu dilakukan selama 24 jam.ria