Baznas Klaim Pengumpulan Zakat Naik 31,8 Persen

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengklaim berhasil mencatat kenaikan pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) nasional sebesar 31,8 persen.

Hal itu merupakan pengumpulan ZIS dan DSKL dari Baznas, Lembaga Amil Zakat (LAZ), Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Indonesia.

Ketua Baznas, Prof. Dr Bambang Sudibyo MBA, CA, mengaku gembira bahwa penghimpunan dana Baznas Pusat ditahun 2018 berhasil melampaui target yakni Rp 203 miliar. Ini berarti pencapaian sebesar 101% dari target yang diharapkan sebesar 200 Miliar dalam RKAT Baznas di awal tahun 2018 terlampaui.

Menurutnya, meningkatnya jumlah penghimpunan tak lepas dari kinerja menyeluruh mulai dari penghimpunan hingga pada penyaluran zakat yang bermanfaat bagi mustahik.

“Program-program penyaluran dari dana zakat tahun ini lebih terukur dengan adanya pendampingan dan monitoring program sehingga mustahik merasakan manfaat yang lebih besar,” ujar Prof. Bambang Sudibyo kepada Kanalindonesia.com dalam acara Catatan Akhir Tahun Baznas 2018 di Jakarta, Jumat (28/12/2018).