Salahi Izin Tinggal, Empat WNA China Diamankan Kanim Kelas II Madiun

Kanim kelas II Madiun

KANALINDONESIA.COM : Empat orang Warga Negara Asing (WNA) asal Cina diamankan tim pengawas orang asing (Tim Pora) Kantor Imigrasi Kelas II Madiun saat menjalankan aktivitas pertanian di wilayah Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.

Keempatnya yaitu  Zhonghua Sheng (31 tahun), Xianlai Fu (33), Zehai Hua (51), dan Xihong Shen (43).

Mereka diduga telah menyalahi izin tinggal di wilayah Negara Kesataun Republik Indonesia.

“Keempatanya merupakan pekerja asing dari PT Asia Agricultural Technology Transfer Center yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun Sigit Roesdianto kepada wartawan.

Hasil pemeriksaan sementara, visa yang digunakan Zhonghua Sheng merupakan visa kunjungan dan tidak memiliki kartu izin tinggal terbatas (KITAS).

Baca:  Ngaku Polisi dan Rampas Motor di Tol Ngawi, Berhasil Diamankan Setelah Buron 3 Bulan

“Sedangkan tiga rekan lainnya sudah memiliki KITAS dan merupakan pekerja warga asing legal,” kata Sigit Roesdianto.

Hingga kini, pihak Imigrasi Madiun masih melakukan pemeriksaan yang mendalam terkait penangkapan empat WNA asal negara Tirai Bambu tersebut.

Pihak imigrasi akan melakukan koordinasi dengan Kedutaan Cina terkait nasib Zhonghua Shen. Zhonghua Shen terancam dideportasi jika yang bersangkutan menyalahi izin tinggal di Indonesia.

Dijelaskanya, sesuai aturan ada tiga jenis perizinan kunjungan yang diberikan kepada warga asing selama berada di Indonesia, yakni izin tinggal kunjungan, izin tinggal sementara, dan izin tinggal tetap.

Izin tinggal kunjungan atau ITK berlaku selama 30 hari dan bisa diperpanjang, izin tinggal sementara (ITAS) berlaku setahun dan bisa diperpanjang, sedangkan izin tinggal tetap (ITAP) berlaku lima tahun dan bisa diperpanjang.(AS)

Baca:  Siswa SMAN 1 Paciran Boyong Juara Di Creative Business Competition Business Model Canvas 2017 Tingkat Nasional