Yayasan Berkas Serahkan Donasi Untuk Penyandang Disabilitas di Sumberwudi

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan yang dipandegani oleh Bripka Purnomo hari ini terlihat begitu padat melakukan kegiatan sosial. Mulai dari penggalangan dana untuk korban Tsunami Banten dan Lampung, dilanjutkan memberi santunan kepada anak yatim dan piatu di wilayah Kecamatan Sugio hingga memberikan donasi kepada penyandang disabilitas di wilayah Kecamatan Karanggeneng.

Kanalindonesia.com ketika bersama para relawan Yayasan Berkas Bersinar Abadi saat menyerahkan donasi kepada Sumarlih (57) warga RT. 01/RW. 02 Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng sebagai salah satu penyandang disabilitas sejak lahir.

Hampir 20 orang anggota yayasan tersebut datang langsung ke rumah Sumarlih yang berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Sukodadi dan Banjarwati tersebut. Rumah dengan ukuran 7 x 9 meter dan terbuat dari papan dan triplek itu ditempatinya sendirian, Minggu (30/12/2018) siang mendadak begitu ramai saat anggota Yayasan Berkas datang.

Dengan tubuh yang pendek dan bentuk kaki yang kurang sempurna, Sumarlih jalani kehidupannya seperti manusia sempurna lainnya.

“Kami datang ke sini untuk bersilaturohmi dan memberikan sedikit santunan dari beberapa dermawan, sekaligus melihat langsung untuk bisa memastikan alat bantu jalan bagaimana yang tepat untuk ibu Sumarlih,” terang Purnomo.

Purnomo menambahkan kalau Sumarlih karena kelainan fisiknya memaksa dia kalau berjalan harus dengan “ngesot” atau menggeser tubuhnya dengan bantuan dua buah tempat duduk yang dipindah-pindah.

Ditemani salah satu keponakannya, Sumarlih menerima relawan dari Yayasan Berkas Bersinar Abadi di ruang tengah rumah tersebut. Sumarlih menceritakan, begitu menderitanya saat dia berpinda-pindah tempat dengan tumpuan kedua tangannya.

“Rasanya mruntus (sampai berkeringat) menahan rasa sakit saat menggeser badan ini dengan tumpuhan tangan, terkadang sampai sesak di dada,” kata Sumarlih.


Sumarlih sangat berterima kasih kepada Yayasan Berkas Bersinar Abadi atas kedatangannya dirumahnya serta donasi yang diberikan kepadanya. Sumarlih juga berharap ada bantuan terhadap dirinya berupa alat bantu jalan yang bisa memudahkan dia beraktifitas.

Purnomo berjanji kepada Sumarlih akan mengusahakan alat bantu jalan yang bisa meringankan dia saat beraktifitas.

“Kami akan usahakan alat bantu jalan yang sesuai dengan kebutuhan ibu Sumarlih,” pungkas Purnomo.

Jurnalis : omdik/ferry
Editor : Arso

WELAS ARSO