Baznas Ajak Generasi Milenial Untuk Bersedekah Melalui GotongRoyong.in

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan mahasiswa Universitas Indonesia mengembangkan platform bersedekah bagi generasi milenial yakni GotongRoyong.in.

Melalui layanan ini masyarakat dapat berdonasi tanpa menggunakan uang.

Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Arifin Purwakananta mengatakan, pihaknya terus berinovasi menggunakan setiap potensi dan perkembangan teknologi digital untuk memberikan kemudahan layanan berdonasi bagi masyarakat Indonesia yang gemar membantu dan menolong sesamanya.

“Selain penghimpunan zakat melalui transfer bank atau datang secara manual, kami juga mengembangkan inovasi zakat digital untuk memberikan layanan kemudahan berdonasi bagi generasi milenial. Mereka bisa melakukan donasi bantuan dengan mudah tidak perlu menggunakan uang, hanya dengan menonton video yang ada di platform tersebut yang sama saja dengan kita berdonasi,” ujar Arifin kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Jumat (4/12/2019).

Ia menjelaskan, akhir-akhir ini Indonesia kerap dilanda bencana alam. Mulai gempa di Lombok, gempa tsunami di Sulawesi Tengah, tsunami di Banten dan Lampung, hingga longsor di Sukabumi.

Diharapkan donasi yang terkumpul dari masyarakat melalui zakat digital tersebut akan disalurkan melalui Baznas untuk membantu para korban bencana.

“Baznas selalu pro aktif ketika terjadi kebencanaan. Kami ikut melakukan proses evakuasi pencarian korban, membuka layanan kesehatan, pendistribusian logistik, pembangunan hunian sementara dan lain-lain. Program recovery Baznas di daerah bencana juga dilakukan mengedepankan aspek ekonomi, karena setiap terjadi bencana, pasti muncul kemiskinan baru, untuk itu kami hadir melayani masyarakat yang menjadi korban,” jelas Arifin.

Sementara itu, CEO GotongRoyong.in, Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi mengatakan, kerjasama ini karena pihaknya memiliki visi yang sama dengan Baznas untuk memudahkan masyarakat berbagi.

“Semoga kerjasama ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersedekah dan membantu sesama, terlebih berdonasi melalui GotongRoyong.in sangatlah mudah, hanya dengan menonton video sudah sama dengan berdonasi. Jadi berdonasi uang tanpa uang,” kata Radhiyan yang masih tercatat mahasiswa Fisip UI.

Menurutnya, platform donasi ini didirikan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di bawah naungan Lab Reliable Sofware Engineering (RSE) Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI.

Ia juga memaparkan, bagi masyarakat yang ingin berdonasi, hanya perlu mengunjungi alamat website GotongRoyong.in, kemudian memilih donasi bekerja sama dengan Baznas, yang kemudian memilih Donasi Gratis.

“Setelah mengklik GotongRoyong.in masyarakat akan diarahkan ke halaman yang berisikan video berdurasi 10 detik. Tonton video hingga selesai, dan selamat, anda sudah berdonasi dan ikut meringankan beban saudara-saudara kita,” papar Radhiyan. @Rudi