Dorong Usaha Pengalengan Ikan, Bupati Trenggalek Bantu Alat dan Mesin Pengolahan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, menyerahkan bantuan sarana peralatan pengalengan ikan senilai Rp. 191.070.990, dan peralatan pemindangan ikan senilai Rp. 191.796.330 , karena produk olahan ikan di kabupaten pesisir selatan jawa ini melimpah.

Bantuan alat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018 tersebut, diserahkan Bupati Emil di Aula Kantor Dinas Perinaker.

Bantuan tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu, peningkatan kualitas produksi pada IKM, sehingga kedepannya dapat meningkatkan produktivitas, serta kualitas IKM yang ada.

“Alhamdulillah kita telah melakukan serah terima bantuan alat pemindangan, dan pengalengan ikan dari DAK untuk masyarakat Trenggalek. Hal ini menunjukkan bahwa, pemerintah Pusat masih memberikan kepercayaan kepada kita yang di daerah, dan perlu untuk kita syukuri bersama,” terang Bupati Trenggalek

Dengan bantuan ini dirinya berharap nelayan jangan terus mengeluh, ketika tangkapan ikan lagi sepi, maupun lagi musim banyak ikan, karena bingung mau diapakan. Dengan bantuan ini nelayan bisa melakukan pengalengan ketika sedang banyak ikan.

“Namun jangan sampai proses ini nantinya mencemari sungai kita. Sebagai timbal baliknya, mari kita buktikan bawasannya, kita bisa memanfaatkan bantuan ini dengan baik,” tandasnya.(ndik/ham)

WELAS ARSO