Musrenbangdes, Tiga Bidang Jadi Prioritas

Pemdes Purworejo, Ringinarum gelar Musrenbangdes 2020.

KENDAL – KANALINDONESIA.COM

Pemerintah Desa (Pemdes) Purworejo, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2020 di balai desa setempat, Rabu (9/1).

Hadiri dalam kegiatan terdiri dari pemerintah desa, BPD, LPMD, karang taruna, tokoh masyarakat tomas), PKK, UPTD Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, KB, dan RT, RW serta lainnya.

Kepala Desa Purworejo Ali Muhtadi,
mengatakan, Musrenbangdes tersebut membahas tentang pengalokasian Dana Desa (DD), dan Alokasi Dana Desa (ADD). Adapun pagu anggaran tahun 2019, untuk ADD sebesar Rp 391.278.000 dan DD sebesar Rp 957.383.000.

Kades Ali Muhtadi mengaku bahwa musyawarah tersebut dinilai penting dalam menentukan langkah untuk melakukan rencana pemebangunan di lingkungan desa.

“Di tahun ini kami sudah sesuai dengan agenda bahwa proses penggunaan anggaran di tahun 2020 nanti harus benar matang. Kami juga menentukan pembangunan dengan skala prioritas,” jelasnya.

Priorotas pembangunan itu terbagi dalam tiga bidang, yaitu bidang pembangunan desa, bidang pembinaan kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Untuk bidang pembangunan desa meliputi prioritas pembangunan gedung TK Pertiwi, pembangunan jalan Berem sepanjang 380 meter dan lebar 3 meter, drainase barat MI sepanjang 47,60 meter. Kemudian delapan pembangunan fisik lainya.

Sedangkan bidang pembinaan masyarakat seperti pengadaan senam lansia, pengadaan laptop untuk menambah kinerja PKK dan peningkatan sarana dan prasarana olahraga.

“Saya berharap Musrenbangdes ini dapat menciptakan pembangunan desa yang tepat sasaran dan tepat guna demi terwujudnya masyarakat desa yang maju,”harapnya.

Sementara Ketua BPD Desa Purworejo Sunoto, menambahkan, ditahun 2018 berbagai pembangunan sudah dilakukan dan hasilnya sudah dirasakan oleh warga.

Seperti pembangunan jalan utama utara srpanjang 192 meter, jalan utama selatan sepanjang 69 meter, rabat beton RT3/1, rabat beton RT2/1, rabat beton RT3/3, rabat beton RT3/2, dan rabat beton penghubung RT1/3 dan RT3/1.

“Selain itu juga ada padat karya tunai, Modal BUMDes, MCK 3 rumah, perpustakaa desa, internet desa, pelatihan kewirausahaan, dan lampu utama desa,” katanya. (eko).