Gunung Agung Kembali Erupsi

Gunung Agung Karangasem, Bali, foto : Dok wan_kanalindonesia.com

KARANGASEM, KANALINDONESIA.COM: Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali kembali erupsi, Kamis(10/01/2019).

Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), gunung setinggi 3.142 Mdpl itu erupsi pada pukul 19.55 WITA. Hanya ketinggian kolom abu tidak teramati lantaran tertutup kabut.

Dari laporan PVMBG, erupsi gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu terekam di Seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi kurang lebih 4 menit 26 detik.

Dari laporan periodik PVMBG yang ditulis I Dewa Made Merthe Yasa mulai pukul 12.00-18.00 WITA, beberapa jam sebelum terjadinya letusan, terjadi gempa letusan sebanyak dua kali dan tektonik jauh satu kali.

Saat ini, Gunung Agung berada pada status siaga atau level III. Masyarakat di sekitar Gunung Agung termasuk pendaki, pengunjung, wisatawan diminta agar tidak berada di dekatnya dan tidak melakukan pendakian dan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.