Polres KLU Mantapkan Persiapan Milenial Road Safety Festival

RAKOR: Polres Lombok Utara menggelar rapat koordinasi pemantapan kegiatan Milenial Road Safety Festival Februari mendatang di Mapolres Lombok Utara, kemarin (10/1/2018).

TANJUNG, KANALINDONESIA.COM: Polres Lombok Utara (Lotara) gelar rapat koordinasi pemantapan kegiatan Milenial Road Safety Festival Februari mendatang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan kaum milenial demi mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu Lintas, untuk menciptakan Zero accident.

“Tingkat kecelakaan lalu lintas ini sangat tinggi,” ujar Kapolres Lotara, AKBP Herman Suriyono SIK, Kamis (10/1/2018).

Ia menjelaskan, di Lombok Utara tingkat kecelakaan lalu lintas sudah naik 100 persen selama 2018. Berdasarkan data yang terhimpun Polres Lombok Utara, korban dominan anak muda atau kaum milenial. Yakni mereka yang berada di usia 15 hingga 30 tahun.

“Tingkat kecelakaan di KLU ini meningkat drastis 2018 lalu,” sambungnya.

Ia melanjutkan, kegiatan Milenial road safety festival ini juga diharapkan bisa membangun budaya tertib berlalulintas, khususnya di kalangan generasi milenial. Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas keselamatan saat berkendara dijalan, bahkan juga bisa menurunkan tingkat fatalitas korban meninggal akibat kecelakaan.

Menurutnya, dengan di dibentuknya relawan lalu lintas milenial Indonesia, diharapkan bisa mempererat hubungan serta kedekatan antara Polisi Lalu Lintas dengan Generasi Milenial.

“Tentunya kita berharap dengan ini kita bisa bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, Milenial road safety festival dicanangkan Presiden Jokowi February hingga Maret ini. Dalam festival tersebut terdapat sejumlah kegiatan. Yakni Senam Kolosal Millennial, Jalan sehat, Millennial Entrepreneur Expo, Safety Riding & Driving dan Deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

“Kita rapatkan bersama sama dan tentunya kita akan tindak lanjuti ini bersama-sama agar bisa berjalan sukses,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kecelakaan di Lombok Utara menjadi tinggi karena beberapa faktor. Di antaranya karena jalan yang masih rusak. Selain itu, pengguna jalan juga banyak yang tidak menggunakan perlengkapan berkendaraan seperti helm dan lainya.

“Inilah faktor yang menyebabkan kecelakaan,” tegasnya.

Kegiatan Milenial Road Safety Festival tersebut juga merupakan gerakan moral terhadap generasi muda agar bisa berkendara dengan baik. Disamping itu, mereka juga bisa menjadi pelopor yang baik.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Lotara, AKP I Made Astina juga mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah melalui vikon, dan sudah disampaikan oleh Korlantas dalam vikon. Hasilnya, akan ada langkah nasional yang akan diambil untuk menurunkan angka fatalitas terhadap korban kecelakaan.

Hal ini dikarenakan angka korban yang meninggal akibat kecelakaan di Indonesia, melebihi dari pada angka kematian yang disebabkan oleh beberapa penyakit. Sehingga dibuatlah program Milenial Road Safety ini.

“Kita akan gelorakan ke masyarakat dalam hal ini adalah anak-anak muda, supaya mereka ini bisa ikut menjaga keselamatan dalam berlalulintas,” pungkasnya. (Idam)